Dunia  

Xi Jinping dan juga Biden segera bertemu dalam San Francisco, California

Xi Jinping dan juga juga Biden segera bertemu dalam San Francisco, California
Kedua pemimpin akan mendiskusikan isu-isu dalam kemitraan bilateral China-AS, pentingnya menjaga jalur komunikasi tetap terbuka, serta berbagai hambatan kawasan serta global

republicberita.com – Istanbul – Di tengah konflik Israel-Palestina pada Gaza, Presiden Amerika Serikat lalu Presiden China Xi Jinping akan bertemu pekan depan di dalam tempat California.

Juru Bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengungkapkan pertemuan itu akan dilangsungkan dalam San Francisco, California, pada 15 November.

"Kedua pemimpin akan mengeksplorasi isu-isu dalam kemitraan bilateral China-AS, pentingnya menjaga jalur komunikasi tetap terbuka, lalu juga berbagai hambatan kawasan serta global," kata Jean-Pierre.

Xi akan mengunjungi Amerika Serikat pada 14-17 November guna menghadiri KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) ke-30.

Pertemuan antara dua pemimpin dari dua perekonomian terbesar itu akan datang berlangsung dalam dalam tengah sikap  Israel yang dimaksud menolak seruan internasional agar menciptakan gencatan senjata di dalam area Gaza.

Namun demikian, Amerika Serikat kemudian sekutu-sekutunya sudah membantu jeda kemanusiaan di tempat tempat Gaza. Kantong Palestina itu menjadi sasaran bombardemen paling mematikan dalam beberapa waktu terakhir.

Beijing sudah berusaha mengakhiri konflik bersenjata itu lalu juga menyerukan adanya gencatan senjata pada tempat sana.

Paling sedikit 11.078 warga Palestina tewas, termasuk 4.506 anak-anak juga 3.027 perempuan. Sementara, Israel  kehilangan 1.600 jiwa.

Juru Bicara Gedung Putih menyebutkan Biden lalu juga Xi akan mengeksplorasi upaya Washington kemudian Beijing untuk  "terus secara bertanggung jawab mengelola persaingan kemudian bekerja identik demi kepentingan bersama kami, khususnya dalam menghadapi tantangan-tantangan  transnasional yang mana berdampak kepada warga internasional."

Pertemuan itu akan menjadi pertemuan tatap muka pertama antara Xi kemudian juga Biden sejak pertemuan di area area Bali pada November tahun lalu.

"Kedua pemimpin akan berkomunikasi secara mendalam mengenai isu-isu penting yang mana mana strategis, menyeluruh juga mendasar dalam menajamkan hubungan China-AS serta isu-isu utama mengenai perdamaian kemudian pembangunan dunia," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying via  X.

Hua menambahkan, Xi juga akan menyampaikan usul memperdalam kerja sebanding Asia-Pasifik dari negaranya, dalam  pertemuan para pemimpin APEC.

Xi juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Keduanya sudah berencana mengadakan pertemuan sekitar 16 November.

Tokyo ingin melanjutkan pertemuan tingkat tinggi dengan Beijing setelah  bertahun-tahun hubungan bilateral kedua negara mengalami pasang surut.

Penasihat Keamanan Nasional Jepang Takeo Akiba sudah bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi pada area Beijing pada Kamis. Mereka mengkaji kemungkinan pertemuan Xi dengan Kishida.

Sumber: Anadolu