Top 3 Tekno Berita Hari Ini: BMKG Prediksi Hujan Lebat, Cuaca Jawa Barat Sepekan

Top 3 Tekno Berita Hari Ini: BMKG Prediksi Hujan Lebat, Cuaca Jawa Barat Sepekan

republicberita.com – Jakarta – Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari topik tentang Badan Meteorologi, Klimatologi, kemudian Geofisika atau BMKG menyebut adanya hujan lebat pada Senin, 23 Oktober 2023. Hujan lebat kemungkinan terjadi di dalam Banda Aceh serta Medan. Hujan dengan intensitas sedang pada Pontianak dan juga Manado.

Berita populer selanjutnya tentang BMKG Jawa Barat memprediksi kemungkinan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam sebagian wilayah pada pekan ini, 23-29 Oktober 2023. Hujan itu dapat disertai petir atau kilat juga angin kencang pada skala lokal dengan durasi singkat.

Selain itu, anggota parlemen dari panel Senat Amerika Serikat dari Partai Republik mengirim surat pada hari Jumat ke perusahaan teknologi Meta Platforms pemilik Facebook kemudian Instagram, Google, TikTok kemudian X, yang sebelumnya bernama Twitter, untuk mencari informasi tentang kebijakan moderasi konten merekan dalam perang Israel – Hamas, kata para senator.

1. BMKG: Hujan Lebat Bakal Terjadi di tempat Wilayah Ini, Suhu Tertinggi Ada di tempat Surabaya

Badan Meteorologi, Klimatologi, kemudian Geofisika atau BMKG menyebut adanya hujan lebat pada Senin, 23 Oktober 2023. Hujan lebat kemungkinan terjadi di area Banda Aceh dan juga Medan. Hujan dengan intensitas sedang di area Pontianak dan juga Manado. Dan hujan ringan berpeluang terjadi dalam Gorontalo, Bandung, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Mataram, Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, Mamuju, Makassar juga Padang.

“Tidak ada ibukota provinsi yang dimaksud diselimuti asap. Namun, kabut menutupi Jambi, Pontianak, Samarinda, Pekanbaru dan juga Padang,” demikian dilansir dari situs BMKG.  

Sedangkan, suhu udara berkisar antara 21-36 °C dengan suhu terendah di dalam Bandung dan juga suhu tertinggi di dalam Surabaya.Prakiraan berbasis dampak hujan lebat dengan status waspada terjadi di area Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah dan juga Papua. Tidak ada provinsi yang berstatus siaga.

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang digunakan berpotensi terjadi dalam beberapa wilayah perairan Indonesia pada 23-24 Oktober 2023. Pola angin di dalam wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari barat daya – barat laut dengan kecepatan angin berkisar 4-25 knot.

2. Prediksi Cuaca Jawa Barat Sepekan Ini, Hujan di dalam Bogor hingga Tasikmalaya

Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, lalu Geofisika atau BMKG Jawa Barat memprediksi peluang hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam sebagian wilayah pada pekan ini, 23-29 Oktober 2023. Hujan itu dapat disertai petir atau kilat kemudian angin kencang pada skala lokal dengan durasi singkat.

Pada Senin 23 Oktober 2023 wilayah yang berpotensi hujan meliputi Kabupaten serta Kota Bogor, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Purwakarta, Subang, Sumedang, Kabupaten Bandung Barat, Kota kemudian Kabupaten Bandung serta Kota Cimahi atau wilayah Bandung Raya. 

Kemudian Selasa, 24 Oktober, di tempat daerah Bogor, Kota Depok, Bekasi, Sukabumi, dan juga Cianjur. Lalu pada Rabu, 25 Oktober mencakup Bogor, Kota Depok, Bekasi, Karawang, Subang, Purwakarta, Sukabumi, Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Bandung, Garut, juga Tasikmalaya. 

Potensi hujan sedang hingga lebat pada Kamis, 26 Oktober 2023 yaitu Bogor, Kota Depok, Bekasi, Purwakarta, Sukabumi, Cianjur, Kabupate Bandung Barat serta Kabupaten Bandung. Kemudian Jumat, 27 Oktober di area Bogor, Kota Depok, kemudian Cianjur. Sedangkan pada Sabtu dan juga Minggu, 28- 29 Oktober diprediksi tanpa hujan di area Jawa Barat.

3. Politikus AS Tanya ke Facebook, Instagram, Google, TikTok, serta X perihal Blokir Kepentingan Hamas

Anggota parlemen dari panel Senat Amerika Serikat dari Partai Republik mengirim surat pada hari Jumat ke perusahaan teknologi Meta Platforms pemilik Facebook lalu Instagram, Google, TikTok serta X, yang sebelumnya bernama Twitter, untuk mencari informasi tentang kebijakan moderasi konten merekan dalam perang Israel – Hamas, kata para senator.

Anggota parlemen dari Partai Republik dalam Komite Perdagangan Senat AS mengatakan mereka itu mengajukan permohonan perusahaan-perusahaan hal itu “berkomitmen untuk sepenuhnya melestarikan sejarah dokumenter kekejaman Hamas.”

Kelompok Islam Palestina Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober, menewaskan 1.400 orang, sebagian besar warga sipil. Sejak itu Israel membom Gaza dengan serangan udara. Setidaknya 4.137 warga Palestina telah terjadi terbunuh, termasuk ratusan anak-anak, di area Gaza, menurut kementerian kesehatan Palestina.

Gaza, daerah kantong sepanjang 45 km (25 mil) yang dimaksud dihuni 2,3 jt orang, telah terjadi dikuasai Hamas sejak tahun 2006. Gaza telah lama terputus dari sebagian besar dunia luar selama 16 tahun sejak Israel memberlakukan blokade.

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.