Tenang, Ikuti Langkah Ini Jika Kena Jebakan Download File APK

Tenang, Ikuti Langkah Ini Jika Kena Jebakan Download File APK

republicberita.com –

Jakarta – Salah satu modus penggelapan online yang digunakan paling ramai saat ini adalah chat palsu di area dalam WhatsApp atau email palsu. Penipu menggunakan file APK yang disamarkan sebagai undangan pernikahan, surat tilang elektronik, hingga bukti pengiriman paket.

File dengan ekstensi APK adalah file berisi aplikasi untuk HP Android. Biasanya, file APK digunakan untuk menginstal aplikasi yang dimaksud digunakan tak tersedia dalam area toko aplikasi resmi Android yaitu Google Play Store. Oleh akibat itu, keamanan aplikasi patutu dipertanyakan.

Penipu pengirim file APK berharap agar sasarannya langsung membuka file yang digunakan merekan samarkan, kemudian dengan refleks menyetujui permintaan instal aplikasi.

Aplikasi yang digunakan yang tertanam dalam aksi kecurangan adalah aplikasi berbahaya yang dimaksud hal itu sanggup digunakan untuk mengintip hingga mengambil alih HP korban.

Lalu bagaimana jika kita sudah terlanjur menginstal file ekstensi APK yang dimaksud hal itu bukan dikenal?

Pakar keamanan siber Alfons Tanujaya menyarankan, jika belum terlalu lama atau kurang dari satu menit Anda mengunduh file tersebut, yang mana terbaik yang mana dijalani adalah aktifkan Airplane Mode atau Mode Pesawat.

Cara ini dilaksanakan supaya SMS tak masuk kemudian bukan dapat dicuri. Setelah itu, periksa juga cari aplikasi apa yang mana dimaksud baru semata-mata pada instal kemudian segera uninstall.

Lalu periksa aplikasi apa cuma yang dimaksud digunakan mempunyai hak untuk membaca juga memforward SMS, kemudian nonaktifkan aplikasi tersebut.

“Kalau mau paranoid, ganti password lalu PIN transaksi mbanking. Serta pastikan sudah mengaktifkan two step verification dari WhatsApp supaya kalau WhatsApp dicuri terlindungi tetap aman lantaran dilindungi 6 PIN two step verification,” jelas Alfons dikutip dari unggahan Instagram, Jumat (29/9/2023).

Tetapi kalau Anda baru sadar menginstall APK lalu juga SMS berhasil dicuri dengan aplikasi palsu yang tersebut yang dimaksud memalsukan diri, harapan terakhir ada di dalam tempat bank.

Menurut Alfons, seharusnya bank yang digunakan digunakan baik akan memberikan pengamanan terhadap akun nasabahnya sekalipun SMS OTP berhasil dicuri.

Akun mbanking serta dompet digital Anda tetap aman akibat setiap kali mengakses mbanking dari ponsel baru atau nomor baru, bank yang digunakan digunakan baik akan melakukan verifikasi ulang mulai dari verifikasi identitas, wajah kemudian sebagainya.


Tinggalkan Balasan