Seluk Beluk Aspirin, 10 yang Perlu Diketahui

Seluk Beluk Aspirin, 10 yang mana Perlu Diketahui

republicberita.com – Jakarta Aspirin, juga dikenal sebagai asam asetilsalisilat, adalah salah satu obat yang mana paling banyak digunakan dalam dunia. Telah ada selama lebih tinggi dari satu abad juga dikenal dengan berbagai kegunaannya, mulai dari pereda nyeri hingga mencegah serangan jantung. 

Namun, penting untuk mengetahui informasi tentang obat ini agar dapat menggunakannya dengan aman lalu efektif. Berikut beberapa poin penting yang dimaksud perlu diketahui tentang aspirin: 

1. Sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit

Menurut Times of India, aspirin merupakan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang digunakan biasa digunakan untuk meredakan nyeri dan juga mengurangi peradangan. Ini bisa jadi efektif untuk berbagai kondisi, seperti sakit kepala, nyeri otot, radang sendi, serta ketidaknyamanan menstruasi. 

2. Obat pengencer darah

Aspirin mempunyai sifat antiplatelet yang digunakan artinya dapat mencegah trombosit darah menggumpal. Ini dapat membantu mengurangi risiko penggumpalan darah. Oleh dikarenakan itu obat ini sering diresepkan untuk orang yang digunakan berisiko terkena serangan jantung lalu stroke. 

3. Mencegah penyakit jantung berisiko tinggi

Aspirin dosis rendah terkadang direkomendasikan untuk individu yang dimaksud berisiko tinggi terkena kejadian kardiovaskular. Ini dapat membantu mencegah serangan jantung kemudian stroke dalam beberapa kasus dengan mengurangi kemungkinan pembentukan bekuan darah di dalam arteri yang mana menyempit. 

4. Tersedia dalam berbagai dosis

Aspirin tersedia dalam berbagai dosis. Aspirin dosis rendah biasanya mengandung 81 miligram (mg) atau 100 mg, sedangkan aspirin dosis biasa biasanya mengandung 325 mg. Dosis yang mana dianjurkan tergantung pada kondisi yang mana diobati atau dicegah. Aspirin tersedia tanpa resep di dalam banyak negara, namun dosis yang lebih banyak tinggi atau formulasi khusus mungkin memerlukan resep. Ikuti anjuran dokter mengenai jenis lalu dosis aspirin yang dimaksud sesuai dengan kondisi Anda. 

5. Potensi efek samping

Aspirin dapat menimbulkan efek samping, antara lain iritasi lambung, maag, juga pendarahan. Risiko ini meningkat dengan dosis yang tersebut lebih tinggi tinggi lalu pemakaian jangka panjang. 

Penting untuk mengonsumsi aspirin dengan makanan atau segelas penuh air untuk meminimalkan ketidaknyamanan pada perut. Penggunaan aspirin jangka panjang sebaiknya diimplementasikan pada bawah bimbingan dokter. Pemantauan rutin dan juga pertimbangan prospek efek samping adalah penting. 

6. Alergi terhadap aspirin

Beberapa orang mungkin alergi terhadap aspirin yang dimaksud dapat menyebabkan gejala seperti gatal-gatal, bengkak, atau kesulitan bernapas. Jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi, segera dapatkan bantuan medis.

Selanjutnya: Aspirin dapat berinteraksi dengan…

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Republic Berita Indonesia