Sekolah Pascasarjana UGM Raih Peringkat Dunia Bidang Ilmu Agama Versi QS WUR 2023

Sekolah Pascasarjana UGM Raih Peringkat Dunia Bidang Ilmu Agama Versi QS WUR 2023

republicberita.com – Jakarta – Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Gadjah Mada atau UGM meraih peringkat satu di area Indonesia serta berada dalam peringkat 51-100 besar dunia bidang ilmu agama. Pencapaian itu berdasarkan hasil pemeringkatan The Quacquarelli Symonds World University ranking (QS WUR) pada 2023.

“Berdasarkan subjek theology divinity and religious studies, UGM menempati peringkat 51-100 dunia kemudian peringkat 1 pada Indonesia,” kata Dekan SPs,l Siti Malkamah dikutip dari laman UGM pada Jumat, 27 Oktober 2023.

SPs merupakan unit setingkat Fakultas yang mana menyelenggarakan lembaga pendidikan jenjang master lalu doktor dengan program studi unggulan di dalam bidang multi kemudian interdisiplin, ilmu yang mana berbasis pada keunggulan lokal. Sekarang ini sekolah Pascasarjana UGM mengelola 25 program studi yang tersebut terdiri dari 14 program magister juga 11 program doktor yang mana meliputi bidang sains juga teknologi serta ilmu sosial lalu humaniora.

Menurut Siti, reputasi internasional ini diraih oleh SPs UGM akibat memiliki keunggulan dalam bidang agama dengan adanya prodi magister agama dan juga lintas budaya juga prodi doktor Inter Religious Studies. Raihan ini juga sejalan dengan visi dari SPs untuk menyelenggarakan lembaga pendidikan   bertaraf internasional yang digunakan unggul juga terkemuka, berorientasi pada kepentingan bangsa berdasarkan Pancasila.

Saat ini, SPs memiliki 500 orang pengajar dengan 394 tenaga pengajar dari berbagai fakultas dalam lingkungan UGM serta selebihnya dari dosen luar, dosen praktisi dan juga 7 orang dosen asing. “Dosen asing full time ada 7 orang,” kata Siti.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian Masyarakat serta Alumni UGM Arie Sujito berharap SPs semakin maju juga berkembang dengan melahirkan lulusan yang tersebut semakin berkualitas. “Mahasiswa kita semakin pintar juga referensi yang tersebut merekan miliki sebagai modalitas untuk mampu melahirkan lulusan master juga doktor yang mana semakin baik lalu berkualitas,” kata dia.