Saat Harry Potter Kembali Populer lewat TikTok

Saat Harry Potter Kembali Populer lewat TikTok

republicberita.com – Jakarta – Masih ingat film Harry Potter pertama, “Harry Potter and the Sorcerer’s Stone”? Di situ ada adegan Harry kemudian kedua sahabatnya, Hermione Granger lalu Ron Weasley bermain catur sihir kemudian Ron harus mengorbankan diri agar Harry mampu mencapai batu bertuah.

Parodi adegan yang disebut sempat tersebar luas di tempat TikTok pada 2021 dan juga sekarang kembali mencuat dengan tambahan latar musik teatrikal kemudian versi tarian animasi dari para tokoh kesayangan itu. Para pengguna TikTok pun mengkreasi ulang adegan tersebut. Tagar  #harrypotterchessscene sudah dilihat lebih tinggi dari 13 jt kali.

Para pakar memuji jenis konten ini sebagai nostalgia yang mana abadi. Belum lagi keinginan orang untuk mencari alternatif hiburan.

Harry Potter.wordpress.com

“Minat kita untuk menonton tren TikTok Harry Potter menunjukkan para pemirsa tak lagi secara pasif menunggu konglomerat media untuk menyediakan hiburan yang digunakan dibutuhkan tapi justru dengan bergerak menciptakan apa yang ingin merekan saksikan menggunakan figur-figur budaya pop yang tersebut familiar,” jelas Melvin Williams, pengajar komunikasi dan juga studi media dalam Universitas Pace, kepada USA Today.

David Schmid, dosen Bahasa Inggris di dalam Universitas Buffalo mengatakan remiks kemudian adaptasi selalu muncul melalui budaya penggemar. Beberapa dalam antaranya bahkan laris manis ditonton, seperti “Fifty Shades of Grey” yang mana sempat bikin heboh itu.

“TikTok memudahkan orang berimajinasi ulang atau membaurkan lagi momen budaya pop ikonik, seperti yang tersebut terlihat pada video Harry Potter, dengan cara menunjukkan kreativitas, humor, lalu komitmen untuk menjaga nostalgia yang paling berpengaruh,” ujar Williams.