Ruang digital dinilai masih adem ayem dari hoaks pilpres 2024

Ruang digital dinilai masih adem ayem dari hoaks pilpres 2024

republicberita.com – Jakarta – Menteri Komunikasi kemudian Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyebutkan ruang digital Indonesia terpantau masih adem ayem dari hoaks mendekati pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.

"Masih adem ayem lah, anget anget aja enggak terlalu panas," kata Budi di area dalam Jakarta, Senin.

Akan tetapi ia tak menampik bahwa sudah mulai terlihat ada adu pendapat mengenai pendukung antar kontestan pilpres 2024 pada area ruang digital lalu ia menganalogikan kondisi itu sebagai situasi yang tersebut hal itu menghangat.

Menurut Budi adu pendapat antara pendukung kontestan pemilihan umum memang bukan mampu dihindari mengingat waktu menuju pesta demokrasi lima tahunan itu semakin dekat.

Ia menyebut kondisi hal itu wajar terjadi serta merupakan bentuk dari kebebasan berekspresi dalam ruang publik yang digunakan mana didukung oleh Indonesia sebagai negara dengan bentuk pemerintahan demokrasi.

"Ya sekarang anget-anget lah (ruang digitalnya), kalau dingin terus ya enggak mungkin juga namanya mau pilpres ya," katanya.

Berkaca dari fenomena itu Kementerian Kominfo mengingatkan agar penduduk dapat tetap menjaga ruang digital tetap aman lalu nyaman mendekati pemilihan umum 2024.

Meski menyampaikan pendapat, ada baiknya pendapat yang tersebut mana diberikan sesuai dengan fakta serta tidaklah mengandung hoaks, SARA, maupun ujaran kebencian.

Budi dengan tegas mengatakan Kementerian Kominfo akan tegas memutus kemudian menghapus akses terhadap konten-konten yang tersebut hal tersebut dapat memecah-belah bangsa.

"Pokoknya kami akan take down yang digunakan jenisnya hoaks, ujaran kebencian, SARA, itu kami putus. Kalau cuma beda pendapat gak apa-apa," kata Budi.

Terakhir ia berpesan agar sebaiknya penduduk dapat menggalang kampanye pilpres Damai 2024 yang mana mana diusung Pemerintah sehingga kondisi dalam dalam ruang digital menjadi produktif.

Dengan demikian semakin banyak orang yang dimaksud dimaksud mau terlibat dalam pilpres juga juga memperkuat terciptanya kompetisi urusan urusan politik yang tersebut dimaksud sehat.

"Kami Kementerian Komunikasi kemudian juga Informatika mengimbau kepada rakyat untuk mampu belaka menggunakan media sosialnya secara bijak, menebarkan semangat persatuan, lalu menjaga iklim kebijakan pemerintah yang tersebut dimaksud tepat sehingga negara tetap sejuk, tetap damai," tutup Menteri Budi.