Hukum  

RI-PNG akan lakukan verifikasi terhadap 300 WN PNG pada Yabanda

RI-PNG akan lakukan verifikasi terhadap 300 WN PNG pada Yabanda
“Mereka harus memilih apakah tetap menjadi PNG atau WNI sehingga bila memilih menjadi WNI maka merekan terdata juga miliki kartu kependudukan, “

republicberita.com – Jayapura – Pemerintah RI dan juga juga Papua Nugini (PNG) akan melakukan verifikasi terhadap 300 warga PNG yang dimaksud digunakan saat ini bermukim di tempat dalam Kampung Yabanda, Distrik Yafi, Kabupaten Keerom, Papua.

Asisten I Sekda Papua Suzanna Wanggai kepada Antara, Sabtu pada dalam Jayapura, mengakui verifikasi dikerjakan sesuai rekomendasi saat pelaksanaan Border Liaison Officers Meeting (BLM) yang digunakan itu berlangsung dari tanggal 24 – 26 Oktober 2023 pada tempat Vanimo, PNG.

Verifikasi diimplementasikan mengingat ratusan warga PNG itu sudah tinggal selama tahunan yang mana nantinya merek harus memilih apakah tetap menjadi warga PNG atau WNI.

Apalagi, kata Suzana Wanggai yang dimaksud dimaksud juga menjabat Kepala Badan Perbatasan serta Kerjasama Luar Negeri Pemprov Papua, banyak anak-anak merekan itu yang mana digunakan sudah bersekolah.

"Mereka harus memilih apakah tetap menjadi PNG atau WNI sehingga bila memilih menjadi WNI maka merek terdata serta miliki kartu kependudukan, " kata Suzana Wanggai.

Diakui, kegiatan verifikasi yang dimaksud dipimpin Konsul PNG pada Jayapura Geoffrey Wiri itu dilaksanakan Jumat (27/10).

Berbagai persiapan untuk melakukan verifikasi diimplementasikan sehingga ke 300 warga PNG itu dapat segera menentukan pilihannya.

Namun dari pengakuan dia ingin tetap berada dalam dalam Indonesia oleh sebab itu anak-anaknya bersekolah dalam wilayah Indonesia, kata Suzana Wanggai.

Distrik Yafi merupakan pemekaran dari Distrik Waris yang tersebut hal tersebut berada di tempat dalam perbatasan RI-PNG.