Polda Metro Jaya panggil ulang Ketua KPK

Polda Metro Jaya panggil ulang Ketua KPK

republicberita.com – Jakarta –

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya memanggil ulang pemeriksaan terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri terkait kasus dugaan pemerasan pimpinan terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Selasa (24/10).

 

"Untuk dimintai keterangannya sebagai saksi pada hari Selasa, tanggal 24 Oktober 2023 pukul 10.00 WIB pada tempat ruang riksa penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Ade Safri Simanjuntak di Jakarta, Jumat.

 

Ade menjelaskan atas ketidakhadiran saksi FB dimaksud, penyidik telah lama dilaksanakan membuatkan kembali surat panggilan terhadap dalam kapasitas saksi.

 

"Untuk surat panggilan ulang hal hal itu sudah dikirimkan pada hari ini Jumat, tanggal 20 Oktober 2023 ke Kantor KPK RI (telah diterima pada dalam kantor KPK RI pukul 14.30 WIB)," katanya.

 

Ade Safri menambahkan Firli tak menghadiri pemeriksaan terkait kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap SYL Jumat (20/10). Dia meminta-minta penjadwalan ulang lantaran alasan dinas juga baru menerima surat pemanggilan.

 

Ia menjelaskan, pada Jumat ini staf fungsional Biro Hukum KPK RI menyampaikan surat yang dimaksud hal tersebut ditujukan kepada Kapolda Metro Jaya tentang permohonan penundaan pemeriksaan terhadap saksi FB Ketua KPK RI.

 

Ade menjelaskan, Firli berhalangan hadir dikarenakan alasan dinas. Selain itu, Firli juga mengklaim baru menerima surat pemanggilan kasus yang mana disebut pada 19 Oktober 2023.

 

"Pertimbangan yang digunakan kedua, diperlukan waktu untuk Saudara FB atau Ketua KPK RI untuk mendalami materi pemeriksaan yang dimaksud hal itu akan dijalani penyidik Polda Metro Jaya," katanya.