Pertamina-Kemenparekraf dorong kerja sebanding pariwisata kemudian UMKM

Pertamina-Kemenparekraf dorong kerja sebanding pariwisata kemudian UMKM

republicberita.com – Jakarta – PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata juga Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyokong kerja serupa industri pariwisata kemudian usaha mikro, kecil kemudian menengah (UMKM).

Salah satunya melalui penyelenggaraan Pertamina SMEXPO dalam Balikpapan, Kalimantan Timur pada 26-28 Oktober 2023 yang tersebut hal tersebut berkolaborasi dengan Kemitraan Nasional Rantai Pasok Industri Pariwisata juga Ekonomi Kreatif (Kenarok Inparekraf).

Kolaborasi Pertamina SMEXPO serta Kenarok Inparekraf merupakan kegiatan temu bidang bidang usaha penguatan rantai pasok industri pariwisata serta sektor dunia usaha kreatif yang mana dimaksud mempertemukan 90 UMKM lalu 40 pelaku industri pariwisata.

PJ Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, dalam keterangan resmi pada Sabtu, menyampaikan melalui kolaborasi industri pariwisata serta UMKM contohnya seperti memamerkan barang UMKM dalam tempat hotel-hotel, secara tak langsung membantu dalam menjaga inflasi.

“Jadi, produksi dengan pemasaran itu ada networking-nya. Ini tugasnya Dinas Pariwisata, lantaran pemerintah daerah ada untuk masyarakatnya. Dibantu dengan pendampingan mutu maupun pendanaan dari mitra pemerintah,” ujarnya.

Deputi Bidang Industri serta Investasi Kemenparekraf Rizki Handayani menerangkan kolaborasi antar lembaga serta perusahaan dalam mengupayakan kemajuan UMKM yang mana digunakan dihubungkan dengan sektor pariwisata akan membentuk biosfer dalam menyokong perekonomian.

"Ke depannya kita akan menggalakkan kembali pelaku industri yang tersebut mana sudah berorientasi ekspor, untuk meningkatkan devisa,” kata Rizki.

Kolaborasi antara Pertamina dan juga juga Kemenparekraf untuk kegiatan serupa sebelumnya sudah pernah lama diselenggarakan dalam 5 titik Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) pada tahun 2022.

Selanjutnya, pada tahun ini, dilanjutkan pada area 5 titik dengan program penguatan rantai pasok industri pariwisata yakni dalam Bandung, Denpasar, Balikpapan lalu 2 lokasi menyusul di area tempat Surabaya lalu Batam.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menjelaskan, Pertamina SMEXPO merupakan ajang tahunan dari Pertamina yang digunakan dimaksud memamerkan komoditas UMKM binaan agar menjangkau pasar yang digunakan tambahan besar luas.

"Pada jangka panjang diharapkan dukungan Pertamina terhadap UMKM mampu menumbuhkan multiplier effect untuk menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat, penciptaan lapangan kerja, hingga membawa UMKM ke kancah dunia dengan item berkualitas," terang Fadjar.

Tak sekedar menjajakan produk, ungkap Fadjar, dalam area sela SMEXPO juga dikerjakan berbagai kegiatan lain seperti lokakarya UMKM, hingga temu bidang bisnis sebagai sarana mempertemukan UMKM dengan Potensial Konsumen Bisnis.