Pendukung Prabowo, Ganjar juga Anies Berlomba Hamburkan Miliaran Rupiah untuk Bayar Iklan Politik di area Facebook

Pendukung Prabowo, Ganjar juga Anies Berlomba Hamburkan Miliaran Rupiah untuk Bayar Iklan Politik di area area Facebook

republicberita.com – Para pendukung capres-capres di tempat pilpres 2024 mendatang rupanya sudah menghabiskan miliaran rupiah di tempat Meta, perusahaan yang mengoperasikan media sosial Facebook untuk mengiklankan diri.

Seperti dipantau Suara.com, Jumat (20/10/2023) pada laman laporan iklan Meta, Ad Library akun-akun Facebook para pendukung Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo kemudian Anies Baswedan sudah menghabiskan miliaran rupiah secara total dalam 1 bulan terakhir untuk membayar iklan politik.

Prabowo

Berdasarkan data Meta yang memang dibuka ke publik, selama 30 hari terakhir, akun resmi Prabowo Subianto adalah yang tersebut paling banyak bakar duit pada Facebook.

Baca Juga:Tak Ada Keluhan Penyakit, Anies-Cak Imin Siap Jalani Pemeriksaan Kesehatan pada RSPAD Gatot Soebroto

Promosi konten-konten Prabowo pada Facebook dibayar oleh indonesia Adil makmur – ini adalah nama koalisi partai pendukung Ketua Umum Gerindra yang disebut pada pilpres 2019 lalu.

Selama sebulan, indonesia Adil makmur sudah menghabiskan Rp 530.403.006 untuk mengiklankan 68 konten di area akun Facebook Prabowo.

Selain konten-konten dukungan untuk Prabowo juga disebar juga dibayar oleh akun Bakti Untuk Rakyat. Selama 30 hari, akun ini menghabiskan Rp 460.738.443 untuk menyebar konten-konten sosial urusan politik Prabowo Subianto.

Ganjar

Selain Prabowo, pendukung Ganjar Pranowo yang tersebut sudah mendaftarkan diri bersama Mahfud MD sebagai capres juga cawapres pada pekan ini, juga banyak menghabiskan duit di dalam Facebook.

Baca Juga:Momen Prabowo Bisik-bisik ke Hotman Paris, Ponakan Luhut sampai Nguping: Pinjam Dulu Seratus?

Salah satu akun yang mana paling giat untuk Ganjar, calon dari PDIP, adalah Melihat Indonesia. Akun ini selama sebulan terakhir menghabiskan Rp 146.628.500 untuk memperkenalkan 1.786 konten yang mempromisikan Gajar – Mahfud, lalu juga menyerang Jokowi.

Anies

Pasangan Anies Baswedan dan juga Muhaimin Iskandar juga tak mau kalah untuk mengenai bakar duit di area Facebook.

Setidaknya ada tiga akun Facebook pendukung Anies – Cak Imin yang tersebut paling banyak menghabiskan uang dalam platform digital Meta. Pertama adalah Unboxing Anies, lalu Aksi Tanggap Anies lalu Gerakan Nahdliyyin Bersatu.

Akun Unboxing Anies sudah menghabiskan Rp 124.105.771 untuk memperkenalkan 314 konten dukungan untuk pasangan yang digunakan disokong Partai Nasdem, PKS dan juga PKB tersebut.

Sementara Aksi Tanggap Anies menghabiskan Rp 102.383,936 dalam sebulan terakhir untuk menyebarkan 318 konten.

Yang unik barangkali Gerakan Nahdliyyin Bersatu, akibat menghabiskan Rp 84.629.311 hanya saja untuk mengiklankan sebuah video, berisi pesan KH Nurul Huda Djazuli, Pengasuh Pesantren Al-Falah Ploso Kediri untuk menyokong Cak Imin dalam pemilu.

Golkar

Sementara jika dilihat selama 90 hari terakhir, pendukung Golkar adalah yang dimaksud paling banyak menghabiskan duit untuk kampanye di area Facebook.

Partai yang mana diketuai Airlangga Hartarto itu sudah menghabiskan Rp 1,6 miliar untuk mengiklankan 1.353 konten di tempat Facebook.

Partai lain yang tersebut menghabiskan banyak duit dalam Facebook adalah PSI. Partai yang digunakan saat ini dipimpin oleh Kaesang Pangarep itu menghabiskan Rp 384.311.847 untuk memperkenalkan 123 konten di dalam Facebook selama 3 bulan terakhir.

Tinggalkan Balasan