Merapi Kopi Festival jadikan petani kopi lebih besar bergeliat

Merapi Kopi Festival jadikan petani kopi lebih besar besar bergeliat

republicberita.com – Sleman – Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Danang Maharasa menyakini ajang "Merapi Kopi Festival" yang digunakan diselenggarakan pada Merapi Garden Cangkringan dapat menjadikan petani, pebisnis, kemudian para pecinta kopi pada Kabupaten Sleman lebih tinggi lanjut bergeliat lagi.

"Saya juga sangat yakin ajang ini mampu membawa nama Kopi Merapi Sleman ke kancah nasional bahkan internasional," kata Danang saat menghadiri "Merapi Kopi Festival", Sabtu.

Menurut dia, festival ini merupakan bagian daripada kita semua bersama-sama memberikan ruang kepada para petani kopi yang dimaksud dimaksud ada pada area Kabupaten sleman,  para pebisnis kopi, lalu juga para pecinta kopi untuk terus dapat memberikan semangat lagi agar kopi merapi ini bisa melegenda lalu juga mempunyai nama besar lagi.

"Dahulu pada Kabupaten Sleman merupakan penghasil kopi yang yang disebut luar biasa di area tempat wilayah lereng Gunung Merapi diantara daerah Kapanewon (Kecamatan) Cangkringan, Kapanewon Pakem serta Kapanewon Turi," katanya.

Ia mengatakan, sebelum erupsi Gunung Merapi 2010, lahan kopi di dalam dalam Kabupaten Sleman sekitar 800 hektare, akan tetapi setelah terjadinya erupsi mengalami penurunan, saat ini luas lahan kopi di area tempat Sleman sekitar 400 hektare.

"Melihat kemungkinan pasar pada DIY semata-mata sudah sangat banyak, lantaran saat ini menjamur warung-warung kopi dalam DIY, lalu itu permintaan pasar kopinya sungguh luar biasa," katanya.

Danang berharap kepada semua elemen kemudian pemangku kepentingan yang tersebut ada, agar dapat bersama-sama meningkatkan produksi kopi di area dalam Sleman serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor kopi.

Lurah Umbulharjo, Cangkringan Danang Sulistya Haryana mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman yang mana hal tersebut selama ini sudah bersama-sama dalam membantu peningkatan produksi kemudian juga kualitas kopi di area tempat wilayah lereng merapi.

"Festival Kopi Merapi yang mana mana ada dalam Kelurahan Umbulharjo ini sangat menarik lalu mendapatkan banyak dukungan, terutama petani-petani kopi kita sudah mulai menggeliat kembali lewat gerakan tanam kopi yang tersebut digunakan diinisiasi Wakil Bupati Sleman," katanya.