Menparekraf dukung Festival Jajanan Bango 2023 untuk wisata kuliner

Menparekraf dukung Festival Jajanan Bango 2023 untuk wisata kuliner

republicberita.com – Jakarta – Menteri Pariwisata serta juga Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno membantu penyelenggaraan Festival Jajanan Bango (FJB) 2023 untuk menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata kuliner dunia.

“Saya berharap Festival Jajanan Bango 2023 dapat memacu semangat para pengusaha kuliner serta rakyat Indonesia untuk terus mempertahankan warisan kuliner nusantara, sehingga Indonesia dapat menjadi tujuan wisata gastronomi dunia,” ujar Sandiaga pada Jakarta, Jumat.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam acara pembukaan Festival Jajanan Bango 2023 yang dimaksud mana digelar dalam area Jakarta. Sandiaga Uno memberikan sambutannya secara daring.

Sandiaga Uno meyakini FJB yang dimaksud yang telah lama lama secara rutin diselenggarakan dari tahun ke tahun dapat mengenalkan kemudian juga melestarikan kekayaan kuliner nusantara kepada generasi-generasi penerus.

Kuliner nusantara, kata Sandiaga, sudah lama diperkenalkan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Oleh lantaran itu, ia berharap melalui FJB 2023, warga Indonesia dapat termotivasi untuk terus mengembangkan diri serta berinovasi dalam melestarikan keragaman kuliner asli Indonesia.

“Bersama keluarga, teman, kemudian senyum penuh ceria, kita jelajahi dunia rasa asli Indonesia,” kata Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Direktur Nutrition PT Unilever Indonesia Amaryllis Esti Wijono. Ia berambisi untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah kuliner pada negeri sendiri, di tempat area tengah maraknya peredaran kuliner mancanegara.

“Khususnya yang tersebut hal tersebut menggunakan kecap sebagai culinary gem kebanggaan Indonesia, harus selalu menjadi tuan rumah di area area negeri sendiri, agar kita sanggup lestari,” ujar Lilis, sapaan akrab Amaryllis.

Ia berharap, melalui FJB 2023, generasi muda dapat lebih besar lanjut mengapresiasi kuliner nusantara sebagai sebuah mahakarya yang tersebut mana patut dilestarikan lantaran merupakan bagian dari kekayaan bangsa Indonesia.

“Kami sangat bahagia bahwa Festival Jajanan Bango kembali mendapat dukungan penuh dari Kemenparektaf lalu Kemenkop UKM,” kata Lilis.

Lilis mengatakan tambahan lanjut dari 100 pelaku perniagaan mikro, kecil, kemudian menengah (UMKM) dalam tempat sektor kuliner berpartisipasi dalam Festival Jajanan Bango 2023. Jumlah peserta dalam area FJB 2023 lebih besar banyak tinggi apabila dibandingkan FJB 2022 yang dimaksud digunakan diikuti oleh 90 peserta UMKM.

FJB sudah pernah diselenggarakan secara rutin sejak 2005. Festival kuliner ini menyajikan ragam kuliner dari Sabang sampai Merauke. Pada festival tahun ini, penyelenggara FJB mengangkat tema, “Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara”.

Adapun hal terbaru dalam FJB 2023 adalah pengalaman multisensori untuk membangkitkan sejuta rasa nusantara. Lilis berharap melalui multisensori tersebut, pengunjung dapat terlarut dalam pesona kuliner Indonesia dengan memanfaatkan kelima indera.

“Karena menikmati kuliner bukan ada hanya sekali sekali dari rasa,” kata Lilis.