Menkominfo-Dubes Singapura diskusikan kemungkinan perekonomian digital ASEAN

Menkominfo-Dubes Singapura diskusikan kemungkinan perekonomian digital ASEAN
Maka dari itu perlu ada kerja sama-kerja sebanding yang tersebut digunakan saling menguntungkan dalam antara sesama negara ASEAN

republicberita.com – Jakarta – Menteri Komunikasi serta Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menemui Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng mendiskusikan mengenai kesempatan pengembangan kegiatan ekonomi digital kawasan ASEAN.

"Ekonomi digital itu adalah keniscayaan, harus ada banyak kerja sebanding yang digunakan yang dijalin oleh sebab itu menyangkut banyak isu mulai dari perlindungan data pribadi hingga dunia usaha digitalnya itu sendiri. Maka dari itu perlu ada kerja sama-kerja sejenis yang mana dimaksud saling menguntungkan di area dalam antara sesama negara ASEAN," kata Budi pada tempat Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat.

Diskusi yang juga berguna untuk menunjukkan komitmen serta mengeksplorasi adanya pertemuan menteri tingkat regional bernama ASEAN Digital Minisiter's Meeting (ADMM) yang dimaksud digunakan direncanakan berlangsung pada Singapura pada Januari 2024.

Menurut Budi, kemungkinan dunia usaha digital ASEAN diproyeksikan bernilai Rp2000 triliun dalam tempat 2030. Berkaca dari situ, masa-masa saat ini menjadi momen penentu berkembangnya kawasan ASEAN, maka dibutuhkan persiapan yang mana mana matang dari para pemangku kepentingan agar dapat optimal.

Salah satunya lewat ADMM yang dimaksud dimaksud dapat mewadahi inisiatif lalu menghadirkan solusi bagi negara-negara ASEAN untuk maju bersama dalam sektor perekonomian lewat digitalisasi.

Sementara itu, Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng menambahkan bahwa pembahasan sektor perekonomian digital dengan Indonesia menyenangkan mengingat keduanya merupakan bagian dari G20 serta juga ASEAN.

Menurut Kwok, adanya Singapura dan juga juga Indonesia dalam ASEAN menambah masukan untuk negara-negara Asia Tenggara lainnya sehingga dapat mempunyai prioritas pembahasan mengenai pengembangan dunia bisnis digital yang tersebut levelnya mirip seperti pada pembahasan tingkat pertemuan level global G20.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dalam ADMM 2024, Singapura menyiapkan skema kolaborasi antara dunia usaha digital serta dunia usaha hijau untuk menciptakan industri berkelanjutan yang dimaksud tambahan lanjut langgeng.

"Jika bicara pengembangan prospek kegiatan sektor ekonomi digital, kami menggerakkan agar dunia bidang usaha digital kemudian juga perekonomian hijau sanggup dikombinasikan sehingga mempunyai keberlanjutan yang mana mana panjang serta juga juga menciptakan efek positif bagi pertumbuhan perekonomian secara regional dalam masa depan," kata Kwok .

Sebagai penutup, Singapura menantikan kerja sebanding tambahan banyak lanjut dari Indonesia dalam ADMM 2024 sehingga dapat kembali berkolaborasi mengembangkan sektor ekonomi kawasan ASEAN bersama-sama.