Bisnis  

Melihat Kinerja Ekonomi yang Diraih Gibran Saat Jadi Wali Kota Solo

Melihat Kinerja Ekonomi yang digunakan Diraih Gibran Saat Jadi Wali Kota Solo

republicberita.com – Gibran Rakabuming Raka telah dilakukan ditunjuk sebagai pendamping Prabowo Subianto menjadi Cawapres dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2023. Kekinian, Gibran masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta atau Solo sejak tahun 2021 lalu.

Dari sisi ekonomi, anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menaikkan, derajat perekonomian di tempat Solo. Bahkan dia sempat pamer juga mengeluh publik Solo bukan memberikan atensi yang dimaksud meriah atas kenaikan pertumbuhan sektor ekonomi tersebut.

Gibran menyebut, perekonomian Kota Solo hampir naik Gibran menjadi 6,25 persen pada tahun 2022 lalu. Angka ini naik ekstrem dibandingkan perekonomian Solo di area 2021 yang tumbuh 4,01 persen.

“Dadi tuan rumah piala dunia, juara 1 asean paragames, pertumbuhan ekonomi 6.25% ra ono seng gagas (tidak ada yang tersebut mempedulikan),” tulis Gibran dalam akun Twitter resminya seperti dikutip Suara.com, Senin (23/10/2023).

Baca Juga:Sentimen Negatif, Gibran Jadi Cawapres Prabowo Kinerja IHSG Anjlok Hingga Rupiah Melemah

Sementara berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Kota Solo pada tahun 2022 jika dilihat dari besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar tarif berlaku (ADHB) sebesar Rp 55.964,8 miliar.

Kontribusi terbesar dalam perekonomian Solo berasal dari lapangan bisnis transportasi lalu pergudangan yang dimaksud tumbuh sebesar 131,39 persen.

Kemudian, pengeluaran konsumsi lembaga nonprofit yang tersebut melayani rumah tangga juga tumbuh 5,85 persen, dalam mana berkontribusi dari sisi pengeluaran.

Selanjutnya, sektor bidang usaha proyek memberikan kontribusi pada struktur ekonomi kota Solo pada tahun 2022 sebesar 25,94 persen.

Lalu, Komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) menjadi kontribusi terbesar dari sisi pengeluaran dengan andil mencapai 64,29 persen

Baca Juga:Ekonomi Surakarta Tumbuh Pesat saat Dipimpin Wali Kota Gibran, Ini Rinciannya

Selain itu, tingkat inflasi selama masa kepemimpinan Gibran justru mengalami kenaikan. Pada Tahun 2021, inflasi tercatat sebesar 2,58 persen, sedangkan pada tahun 2022 inflasi melonjak tinggi hingga mencapai 7,03 persen.