Lemkapi harapkan pemeriksaan Ketua KPK profesional kemudian transparan

Lemkapi harapkan pemeriksaan Ketua KPK profesional kemudian transparan
Ini untuk menjaga saling percaya

republicberita.com – Jakarta – Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengharapkan pemeriksaan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri oleh penyidik Polri dikerjakan secara profesional serta transparan.

"Ini untuk menjaga saling percaya atau 'trust' KPK serta Polri. Kami menyambut baik Ketua KPK diperiksa dalam Badan Reserse Kriminal Polri," kata Edi dalam keterangan tercatat pada area Jakarta, Selasa.

Edi mengatakanh penanganan kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo oleh pimpinan KPK harus hati-hati sebab sanggup jadi menimbulkan gejolak dalam tengah masyarakat.

Dosen Pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta itu mengatakan sejauh ini penanganan terhadap kasus pemerasan ini dijalankan secara profesional

"Kami yakin penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya yang tersebut digunakan didukung Badan Reserse Kriminal Polri sudah pernah profesional," kata mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional tersebut.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan pemeriksaan Firli akan dilaksanakan oleh tim gabungan penyidik Polda Metro Jaya juga Bareskrim Polri.

Ramadhan saat dikonfirmasi di tempat dalam Jakarta, Selasa menyebutkan kendati diperiksa tim gabungan di tempat dalam Bareskrim namun penanganan perkara tetap ditangani oleh Polda Metro Jaya.

Pemeriksaan hari ini merupakan panggilan kedua kepada Firli, setelah sebelumnya Ketua KPK itu tak hadir pemeriksaan Jumat (20/10).

Hingga kini, Polda Metro Jaya belum menetapkan tersangka dalam perkara itu, namun telah dilakukan lama memeriksa puluhan saksi termasuk Syahrul Yasin Limpo, ajudan Firli serta beberapa mantan pimpinan KPK.