Lazada Incar Pedagang TikTok Shop, Begini Modusnya

Lazada Incar Pedagang TikTok Shop, Begini Modusnya

republicberita.com –

Jakarta – Lazada nampaknya tengah merayu bekas penjual Tiktok Shop untuk masuk ke platformnya. Ini terjadi setelah layanan milik e-commerce milik TikTok itu resmi tutup dalam Indonesia pekan lalu.

TikTok resmi menutup fitur TikTok Shop pada 4 Oktober 2023 lalu. Layanan itu terbentur aturan baru Permendag 31 Tahun 2023 dalam mana tidaklah memperbolehkan media sosial bertindak sebagai e-commerce.

Tak lama setelah itu, Lazada berusaha untuk menarik para peniaga dengan membebaskan biaya. Ini berlaku bagi semua penjual Indonesia, khususnya yang dimaksud mana melakukan pemasaran dengan siaran langsung (live streaming) pada dalam platform Lazada.

Informasi ini berasal dari laporan CNBC International yang dimaksud mengutip CEO Lazada Indonesia James Chang dalam town hall. Menurut laporan tersebut, kebijakan baru sudah berlaku sejak Selasa (10/10).

“Untuk perusahaan mikro, kecil lalu menegah yang tersebut digunakan terdampak perubahan peraturan, kami menyokong merekan dalam Lazada,” kata Chang, dikutip dari CNBC International, Rabu (11/10/2023).

Selain itu, penjual baru yang tersebut mendaftar sendiri akan mendapatkan beberapa keuntungan. Seperti bebas potongan komisi selama 3 bulan, bebas biaya pengiriman selama 2 bulan, kemudian kredit penjual senilai Rp 300 ribu.

Dalam townhall itu, Chang juga mengungkit permasalahan aturan baru tersebut. Dia mengatakan aturan baru bisa saja belaka menghasilkan lanskap persaingan tambahan positif serta sehat untuk pertumbuhan industri jangka panjang.

Sementara itu, dalam keterangannya kepada CNBC International, juru bicara Lazada mengatakan bidang perniagaan juga penjual lokal merupakan mayoritas dalam platformnya. Mereka juga jual barang-barang itu ke pembeli Indonesia.

Sejak ditutup pekan lalu, TikTok memang tiada banyak memberikan informasi apakah akan kembali lagi ke pasar Indonesia. Dalam keterangan dalam aplikasi sebelum TikTok Shop dihapus, perusahaan juga tak banyak memberikan informasi tentang hal itu.

“Prioritas kami adalah tetap mematuhi undang-undang serta aturan setempat. Kami bekerja sebanding dengan regulator menjamin Tiktok Shop Indonesia memenuhi persyaratan kepatuhan,” jelas Tiktok.


Tinggalkan Balasan