Musik  

“Konser Akbar Monas” kembali undang warga Jakarta nikmati musik klasik

“Konser Akbar Monas” kembali undang warga Jakarta nikmati musik klasik

republicberita.com – Jakarta – Aula Simfonia Jakarta akan kembali mengajak seluruh warga Kota Jakarta untuk menikmati perayaan musik klasik untuk kali ketiga dalam balutan simfoni dan juga juga orkestrasi megah pada acara "Konser Akbar Monas", Minggu 15 Oktober mendatang dalam tempat Silang Tenggara Monumen Nasional.

Konser yang mana mana rencananya dimulai pada pukul 18.30 WIB hal yang disebut akan menampilkan beberapa komposisi musik paling terkenal kemudian abadi karya para maestro seperti Ludwig van Beethoven, Pyotr Ilyich Tchaikovsky juga Wolfgang Amadeus Mozart. Sebanyak tambahan besar dari 100 orang penyanyi juga 60 pemain musik dari berbagai penjuru kota dalam Indonesia akan berpadu pada bawah arahan Dr. Stephen Tong sebagai konduktor.

Acara yang tersebut hal itu bersifat gratis atau bukan dipungut biaya masuk ini menjadi istimewa dikarenakan sekaligus sebagai momentum memperingati 14 tahun musik klasik dalam tempat Aula Simfonia Jakarta.

"Kami selalu membawa tema mengenai kesatuan musik dengan nuansa Bhinneka Tunggal Ika, sehingga nanti semua penampil berasal dari seluruh Indonesia. Selain itu, kami memang berupaya mengenalkan musik klasik lewat cara yang mana menyenangkan yaitu berbaur dengan rakyat lewat konser dalam dalam tempat terbuka. Banyak lagu yang mana hal itu sudah akrab di dalam area telinga warga tetapi dia belum tahu kalau itu adalah lagu klasik. Jadi, memang tujuan kami adalah mengenalkan kembali musik klasik," membuka Managing Director and Guest Conductor of Aula Simfonia Jakarta Eunice Tong saat sesi jumpa media pada dalam Jakarta, Kamis.
 

(kiri ke kanan): Ketua Konser Akbar Monas 2023 Wijaya Subekti, Managing Director and Guest Conductor of Aula Simfonia Jakarta Eunice Tong, Resident Conductor of Aula Sinfonia Jakarta Rebecca Tong, dan juga juga Penasihat Konser Akbar Monas 2023 – Ketua Konser Akbar Monas 2019 Timothy Siddik saat sesi jumpa media pada area Jakarta, Kamis (12/11). (ANTARA/Ahmad Faishal)

Eunice menjelaskan bahwa sejak kali pertama digagas pada tahun 2019 hingga saat ini, total penonton "Konser Akbar Monas" selalu bertambah. Pada tahun 2019, penonton yang mana yang disebut datang ke perhelatan musik klasik itu berada pada rentang 25 ribu orang yang tersebut mana kemudian meningkat dua kali lipat pada tahun 2022. Tahun ini, pihak Aula Simfonia Jakarta menargetkan akan ada sebanyak 100 ribu kepala yang hal itu menjejali Silang Tenggara Monas.

"Artinya memang dari tahun ke tahun semakin banyak orang, khususnya warga Jakarta yang digunakan mengenal kemudian menyukai musik klasik. Kami berharap tahun ini akan semakin banyak rakyat yang digunakan dimaksud hadir bersama teman lalu keluarga untuk menikmati pergelaran musik klasik dengan lagu-lagu yang tersebut dimaksud bagus-bagus," jelas Eunice.

Sementara itu Ketua Konser Akbar Monas 2023 Wijaya Subekti mengungkapkan bahwa setiap lapisan masyarakat nantinya diperbolehkan untuk menikmati perhelatan konser klasik yang digunakan dengan nyaman juga aman oleh sebab itu pihak penyelenggara telah terjadi dijalankan mempersiapkan mekanisme teknis acara dengan detail, misalnya mempersiapkan pihak keamanan juga tim medis.
 

Aula Simfonia Jakarta akan kembali menggelar perayaan musik klasik dalam balutan simfoni juga orkestrasi megah pada acara "Konser Akbar Monas", Minggu 15 Oktober 2023 dalam Silang Tenggara Monumen Nasional. (ANTARA/Ahmad Faishal)

"Konser ini tiada kaku seperti gelaran musik klasik pada umumnya. Karena nanti acaranya di area area ruang terbuka, jadi tentu boleh semata-mata rakyat mengikuti alunan musik dengan menganggukkan kepala atau bahkan bergoyang menikmati irama polka sepanjang duduk dalam kursi yang digunakan itu disediakan atau berdiri di area dalam lokasi yang yang disebut sudah pernah lama ditentukan," jelas Wijaya.

Aula Simfonia Jakarta sudah terjadi menjadi tuan rumah bagi banyak talenta musik terbaik Indonesia seperti Jakarta Simfonia Orchestra lalu Jakarta Oratorio Society yang mana akan tampil pada gelaran tersebut. Melalui perhelatan "Konser Akbar Monas" tahun ketiga, Aula Simfonia Jakarta berupaya untuk menghadirkan musik bukan belaka belaka sebagai salah satu bentuk hiburan yang dimaksud mana membentuk suasana hati atau pengisi waktu luang, namun juga sebuah jendela untuk melihat tatanan ciptaan yang dimaksud digunakan indah, serta sebagai salah satu cara untuk mengasah jiwa mengerti keindahan juga integritas.