Kisah Anthony Bongso, Mahasiswa ITB yang tersebut Meneliti di tempat Belanda Bersama Penerima Nobel Kimia

Kisah Anthony Bongso, Mahasiswa ITB yang mana yang disebut Meneliti pada tempat Belanda Bersama Penerima Nobel Kimia

republicberita.com – Jakarta – Mahasiswa Pascasarjana Institut Teknologi Bandung atau ITB, Anthony Bongso berkesempatan untuk melakukan penelitian bersama penerima Nobel Kimia. Selama tiga bulan, ia menjadi peneliti tamu di tempat Faculty of Science and Engineering, University of Groningen, Belanda.

Anthony bergabung dengan Tim Feringa, tim riset oleh Ben L. Feringa. Feringa merupakan tokoh terkemuka yang mana menerima anugerah Nobel Kimia pada 2016.

Anthony terlibat dalam riset tentang sintesis molekuler, khususnya dalam pengembangan mesin molekuler buatan atau artificial molecular machine. Riset berjudul Synthesis of Bio-based Molecular Switches from Natural Products itu juga memperkenalkan pemakaian unsur alam Indonesia dengan mengisolasi senyawa kimia dari tumbuhan.

Promosi material alam dalam riset untuk kurangi limbah

Anthony mengatakan para peneliti mesin molekuler sering menghadapi kendala seperti banyaknya limbah serta keluaran yang mana tak diinginkan. 
“Jadi kita ingin penawaran komponen alam dari tumbuhan yang dimaksud punya struktur sedemikian rupa yang mana mampu langsung diterapkan langsung ke artificial mollecular machine. Jadi, kita mampu punya artificial molecular machine dalam jumlah total yang mana banyak,” ujar Anthony, dikutip dari rilis ITB pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Anthony juga berharap agar senyawa alam yang tersebut diintegrasikan dalam penelitiannya dapat diaplikasikan dalam berbagai hal. “Seperti katalisis, surface anchoring lalu hal lain yang dimaksud telah terjadi diperdalam oleh Tim Feringa,” kata dia.

Kisah pengalaman berharga di tempat Belanda 

Anthony mengatakan ia memperoleh banyak pengalaman berharga pada negeri Belanda. Ia juga menjelaskan target riset yang tersebut difokuskan oleh Prof. Ben.

Target itu adalah menyintesis obat-obatan dengan konformasi khusus yang mana dapat bekerja secara optimal ketika mencapai organ target. Namun, Anthony mengatakan bahwa perjalanan untuk mencapai hasil itu masih panjang.

“Banyak banget pengalaman berharga yang dimaksud aku dapat selama internship. Mulai dari proper-nya kerja dalam lab, sintesis organik, photochemistry, dan juga diskusi ilmiah,” kata mahasiswa program studi Magister Kimia ITB program fast track ini.

Anthony terkesan dengan dukungan rekan peneliti yang selalu membantunya tanpa menghakimi. Ia juga terkesan dengan momen kebersamaan di area laboratorium, termasuk saat proses analisis data serta perencanaan langkah selanjutnya.

Ke depannya, Anthony berharap agar pengalaman dan juga pengetahuan yang dimaksud ia bawa ke Indonesia dapat memotivasi mahasiswa ITB. Ia menekankan pentingnya kolaborasi, keselamatan, dokumentasi data juga komunikasi tim dalam proses penelitian. Ia berpesan agar mahasiswa tidaklah takut untuk berdiskusi ketika mengalami permasalahan dalam tim.

“Jangan takut buat berdiskusi. Pada dasarnya, kita belajar bersama-sama dan juga barangkali kendala yang mana kita hadapi sudah pernah diatasi identik kolega lainnya,” kata Anthony.

Tinggalkan Balasan