Bisnis  

Kangen Kerja, Luhut Singgung Jokowi Setuju Kereta Cepat Jakarta-Surabaya: Bunganya Jauh Lebih Murah..

Kangen Kerja, Luhut Singgung Jokowi Setuju Kereta Cepat Jakarta-Surabaya: Bunganya Jauh Lebih Murah..

republicberita.com – Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman serta Investasi Luhut mengaku sangat rindu untuk kembali bekerja. Saat ditanya program apa yang tersebut akan dikejar apabila sudah pulih kemudian kembali bekerja, Luhut menyinggung perihal proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. 

“Wah super kangen, lah. Apa yang terjadi sekarang kan sudah bagus. Pak Jokowi mau Kereta Api Cepat Jakarta Surabaya diteruskan,” ucap Luhut lewat Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan ,  Sabtu, 28 Oktober 2023. 

Luhut dikabarkan sakit sejak awal Oktober lalu. Sejak 10 Oktober 2023, ia menjalani pemeriksaan serta tahapan pemulihan dalam Singapura. Tugasnya dalam Kabinet Indonesia Maju akhirnya dialihkan sementara oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi kepada Menteri BUMN Erick Thohir. 

Luhut mengaku baru semata mendapat kabar bahwa perjanjian dengan Cina untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya juga sudah berjalan. “Malah bunga pinjamannya jarak jauh tambahan diskon daripada yang ditawarkan oleh beberapa jumlah negara lain.” 

Oleh sebab itu, ia mengaku optimistis dengan proyek tersebut. Pasalnya, teknologi yang digunakan dimiliki Indonesia sudah membuktikan keberhasilan.

Ditambah, menurutnya, sekarang Indonesia sudah mempunyai pengalaman dalam menyelesaikan kesulitan pembebasan tanah. Luhut mengatakan persoalan pembebasan tanah merupakan kunci utama dalam proyek Kereta Cepat. 

“Sekarang dengan kita punya pengalaman, we don’t have any problem anymore,” ucap Luhut. 

Sebelumnya, Luhut juga berkali-kali menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi memohonkan agar dijalani studi untuk melanjutkan rute kereta cepat ke Surabaya. Pemerintah sudah pernah mempertimbangkan Cina untuk kembali terlibat dalam proyek tersebut. Sebab, negara itu dinilai mempunyai pengalaman menggarap proyek kereta cepat sepanjang 41 kilometer. 

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan Perdana Menteri Cina Li Qiang juga sudah berminat untuk kembali berinvestasi dalam proyek ini. Menurut Dwiyana, perpanjangan jalur kereta api cepat hingga Surabaya akan berdampak positif terhadap masyarakat. 

“Artinya di tempat semua pembangunan ekonomi kereta api, semakin jarak jauh semakin baik. Skala ekonominya akan semakin baik. Hukumnya begitu,” ujarnya dalam Jakarta Convention Center (JCC), Jumat, 29 September 2023.

RIANI SANUSI PUTRI | YOHANES MAHARSO JOHARSOYO