Bisnis  

Jalan Rusak Tanjakan Ekstrim Batu Jomba Sumatera Utara Viral Sampai Luar Negeri

Jalan Rusak Tanjakan Ekstrim Batu Jomba Sumatera Utara Viral Sampai Luar Negeri

republicberita.com – Belakangan ini sebuah video tentang Tanjakan Batu Jomba yang mana ada dalam Jalan Batu Jomba, Sumatera Utara menyebar kemudian menarik banyak perhatian hingga ke luar negeri. karena itu tanjakan ini merebak lantaran mempunyai medan ekstrim lalu kondisi jalan rusak parah yang dimaksud menyebabkan kendaraan roda empat mulai dari mobil, pikap, bus hingga truk kesulitan untuk melewatinya.

Tanjakan Batu Jombang Viral

Dari video yang digunakan beredar pada sosial media dengan sulih kata-kata bahasa Mandarin itu tampak barisan kendaraan besar yang mencoba menaklukkan jalan tersebut.

“Tanjakan Batu Jomba di area Sumatera Utara yang digunakan lagi merebak di dalam China,” tulis sebuah akun Twitter @adarwis yang dimaksud turut mengunggah video tersebut, pada Minggu (22/10/2023).

Baca Juga:Pria Mabuk Tikam Balita Gegara Emosi dengan Rekan, Endingnya Ditembak Polisi

Dalam video berbahasa Cina tersebut, tampak aksi beberapa jumlah kendaraan roda empat bahkan lebih tinggi yang digunakan mencoba melewati tanjakan Batu Jomba. Namun perniagaan dia tak semudah yang digunakan dibayangkan oleh sebab itu tanjakannya tergolong tinggi, banyak lubang besar, serta jalanan yang tersebut dimiliki tak rata.

Beberapa mobil pick up kemudian truk pun sampai tergelincir ke belakang serta terbalik lantaran sulit menaklukkan jalan tersebut. Terlihat juga banyak warga sekitar yang tersebut berkerumun pada sekitar titik rawan untuk memberi bantuan apabila sopir gagal mengendalikan kendaraannya.

Warga akan langsung meletakkan batu besar untuk menahan kendaraan agar tiada tergelincir lebih banyak berjauhan dan juga membahayakan pengendara dalam belakangnya. Tak heran bila netizen sampai salut terhadap pengendara lantaran beberapa kendaraan berhasil melewati tanjakan ekstrim tersebut. Misalnya belaka mobil ambulans, mobil milik Pos Indonesia, hingga pick up dengan muatan yang mana menggunung.

Dilansir dari berbagai sumber, pada Agustus lalu mobil pick up yang digunakan sempat terpuruk di dalam tanjakan Batu Jomba. Mobil itu datang dari arah Tapanuli Utara (Taput) menuju Kota Padangsidimpuan.

Namun, saat jalan menanjak, mendadak putaran roda dari mobil pick up hal itu terpuruk. Personel gabungan dari Polri yang dimaksud sedang berada di area lokasi langsung sigap membantu menggerakkan mobil di dalam tanjakan curam tersebut. 

Baca Juga:Sikap Tengil Gibran Pertama Muncul ke Publik Viral Lagi, Model Rambut Jadi Gunjingan

Selain itu, puluhan personel, pemerintah, serta pihak-pihak terkait lainnya juga turun ke lokasi tanjakan Batu Jomba bergotong-royong untuk membantu memperbaiki jalan dengan cara menimbun jalan berlubang/amblas pada lokasi tersebut. Sejumlah alat berat pun diturunkan guna membantu proses penimbunan Jalan.