Intel Corp catat penurunan pendapatan pada kuartal III 2023

Intel Corp catat penurunan pendapatan pada kuartal III 2023

republicberita.com – San Francisco – Intel Corporation pada Kamis (26/10) melaporkan penurunan pendapatan sebesar 8 persen secara tahunan (year on year/yoy) untuk kuartal ketiga (Q3) 2023, dengan total pemasaran mencapai 14,2 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.933).

Menurut laporan keuangan perusahaan itu, laba bersih Intel turun 71 persen menjadi 300 jt dolar pada kuartal ketiga, dibandingkan dengan 1,0 miliar dolar setahun lalu, lapor Xinhua pada Jumat.

Laba bersih per saham (earnings per share/EPS) produsen cip terkemuka dalam AS itu pada Q3 mencapai 0,07 dolar, sementara EPS non-GAAP (Generally Accepted Accounting Principles) yang tersebut mana dikaitkan dengan Intel bernilai 0,41 dolar.

Pendapatan Q3 perusahaan itu melampaui batas atas pedoman serta EPS diuntungkan oleh operating leverage yang mana kuat kemudian disiplin pengeluaran. Perusahaan itu meraih beberapa pencapaian penting pada dalam sektor proses juga produk, produksi semikonduktor, kemudian kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), kata Intel.

Dalam pedoman kuartal keempatnya, Intel memperkirakan pendapatan sebesar 14,6 miliar dolar hingga 15,6 miliar dolar AS, EPS yang dimaksud dapat dikaitkan dengan Intel sebesar 0,23 dolar, juga EPS non-GAAP yang digunakan yang dapat dikaitkan dengan Intel sebesar 0,44 dolar.

Dewan direksi perusahaan itu juga mengumumkan dividen kuartalan sebesar 0,125 dolar AS per saham atas saham umum perusahaan, yang tersebut dimaksud akan dibayarkan pada 1 Desember 2023, kepada para pemegang saham yang tersebut itu tercatat hingga 7 November 2023.

"Kami sudah pernah melewati Q3 yang dimaksud hal tersebut luar biasa, yang tersebut dimaksud ditandai dengan kemajuan menyeluruh dalam peta jalan proses kemudian produk, perjanjian dengan pelanggan baru dalam tempat sektor produksi semikonduktor, juga momentum saat kami menghadirkan AI," ujar CEO Intel Pat Gelsinger.

"Kami terus menimbulkan kemajuan yang digunakan digunakan berarti dalam perubahan struktural IDM 2.0 kami dengan terus memajukan strategi, membangun kembali mesin eksekusi kami, kemudian memenuhi komitmen kami kepada para pelanggan."

"Hasil yang mana mana kami peroleh melebihi ekspektasi selama tiga kuartal berturut-turut tahun ini, dengan pendapatan yang mana melebihi batas atas pedoman kami lalu EPS yang digunakan digunakan diuntungkan oleh operating leverage yang kuat serta juga disiplin pengeluaran," kata CFO Intel David Zinsner.