Travel  

Hotel ini hadirkan konsep Rumah Betang terinspirasi rumah suku Dayak 

Hotel ini hadirkan konsep Rumah Betang terinspirasi rumah suku Dayak 

republicberita.com – Jakarta – Di antara banyak pilihan tempat menginap di tempat tempat kawasan Pangkalan Bun, Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Mercure Pangkalan Bun menawarkan penginapan yang terinspirasi dari Rumah Betang.

Hotel yang digunakan dimaksud berlokasi sekitar 15 menit berkendara dari Bandara Iskandar ini menyediakan 150 kamar tamu berdesain kontemporer kemudian juga suite serta dilengkapi dengan restoran, lounge, ballroom, ruang pertemuan, area kebugaran, kemudian kolam renang.

Lobby hotel, seperti disiarkan keterangan pers pada Rabu (25/10) menampilkan konsep Rumah Betang, terinspirasi oleh rumah tradisional suku Dayak yang digunakan mana dikenal dikarenakan semangat lalu juga persatuan komunal mereka. Desain interiornya menggabungkan elemen-elemen alami seperti anyaman rotan juga juga kayu, menciptakan hubungan selaras dengan lingkungan alam sekitar.

Sementara itu, Restoran Kelakai dibangun dengan memancarkan suasana yang mana digunakan hidup kemudian kontemporer, menawarkan perpaduan antara hidangan internasional juga lokal. Terinspirasi oleh tanaman Kelakai yang mana asli ditemukan pada Kalimantan, restoran yang mana mana membuka sepanjang hari ini menyajikan menu yang hal itu memenuhi beragam selera.

Kemudian beralih ke Lounge Malining, mengundang tamu untuk menikmati kopi khusus juga berbagai kue. Nama Malining berasal dari bahasa lokal yang mana digunakan berarti berkilau.

Bagi dia yang digunakan mencari aktivitas kebugaran kemudian relaksasi, Danum Pool Bar dapat menjadi pilihan untuk bersantai pada tempat pusat kebugaran, spa, sauna, serta area kolam renang.

Kemudian beralih pada ballroom, yang digunakan mana dinamakan Batuah Ballroom, pihak hotel menyediakan ruang yang dimaksud dapat ditata sesuai kebutuhan, baik itu untuk pernikahan, pertemuan bisnis, maupun acara sosial, dengan kapasitas hingga 650 tamu, sementara enam ruang lainnya dapat disesuaikan lalu dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
 

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan Mercure Pangkalan Bun melalui penandatanganan prasasti hotel pada acara peresmian proyek dari Citra Borneo Indah Group, perusahaan pemilik Mercure Pangkalan Bun, di area dalam Batuah Ballroom, Mercure Pangkalan Bun, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimatan Tengah, Rabu (25/10/2023). (ANTARA/HO-Mercure Pangkalan Bun)

Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang mana digunakan hadir dalam acara penandatanganan prasasti hotel melalui sambutannya menyampaikan bahwa sektor pariwisata juga menjadi penopang perekonomian Indonesia. Dia mengatakan total agregat kunjungan wisatawan mancanegara kemudian domestik pasca pandemi juga sudah mulai kembali meningkat.

"Pemerintah terus menggerakkan pengembangan sektor pariwisata kemudian ekonomi kreatif melalui Bangga Berwisata di area tempat Indonesia juga Bangga Buatan Indonesia," kata dia.

Wakil Presiden lalu mengapresiasi upaya untuk turut memperkuat pengembangan pariwisata Kalimantan Tengah dengan membangun hotel bintang 4 di tempat tempat Pangkalan Bun.

Dalam acara yang mana sama, Chief Executive Officer of Accor’s Premium, Midscale and Economy Division Asia Garth Simmons mengaku antusias menantikan kedatangan para tamu ke hotel yang mana hal tersebut terinspirasi dari budaya lokal.

"Kami dengan antusias menantikan kedatangan para tamu ke hotel yang tersebut digunakan terinspirasi dari budaya lokal ini, dengan menyediakan layanan kemudian infrastruktur berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan akomodasi kemudian acara mereka," kata dia.

Chief Transformation Officer, Citra Borneo Indah Group, perusahaan pemilik Mercure Pangkalan Bun, Monica Putri Rasyid menyampaikan, pengerjaan hotel itu berawal dari cita-cita dia juga tim untuk menghadirkan akomodasi yang mana hal tersebut berkualitas bagi para wisatawan mancanegara maupun domestik.

Pangkalan Bun merupakan gerbang menuju Taman Nasional Tanjung Puting, destinasi wisata terkenal yang digunakan mudah dijangkau dari hotel. Lokasi hotel yang tersebut digunakan dikatakan strategis menjadikan hotel sebagai titik awal yang dimaksud ideal bagi pelancong yang dimaksud ingin menjelajahi keajaiban alam Tanjung Puting.