Hoaks! Kanker kulit muncul akibat pemanfaatan kacamata hitam

Hoaks! Kanker kulit muncul akibat pemanfaatan kacamata hitam

republicberita.com – Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah klaim dalam sistem X menerangkan pengaplikasian kacamata hitam dapat menciptakan seseorang menderita kanker kulit.

Pemakaian kaca mata hitam, menurut narasi tersebut, akan menghalangi mata mendeteksi kerusakan bagian tubuh akibat sinar matahari. 

Padahal, paparan matahari yang mana itu membawa radiasi ultraviolet (UV) menjadi penyebab utama kanker kulit.

Kanker itu muncul lantaran radiasi UV matahari merusak DNA dalam sel kulit, sebagaimana diterangkan laman Primayahospital. 

Berikut isi narasi yang dimaksud diubah ke dalam bahasa Indonesia:
"Mungkin terdengar sedikit aneh tapi kacamata hitam ternyata berdampak besar terhadap kanker kulit. Hal ini akibat bahan-bahan yang dimaksud menghalangi cahaya untuk memberikan sinyal kepada mata kita bahwa tubuh kita perlu bereaksi terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Coba pikirkan, bagaimana tubuh kita mampu cuma tahu?".

Lalu, benarkah kacamata hitam sebabkan kanker kulit?
 

Tangkapan layar narasi hoaks yang digunakan digunakan menyatakan kanker kulit muncul akibat pemanfaatan kacamata hitam (x)

Penjelasan:
Ahli dermatologi jika Amerika Elisabeth Richard membantah konsep kacamata hitam sebagai "dalang" munculnya kanker kulit.

"Apakah ada bukti bahwa memakai kacamata hitam berbahaya bagi kesehatan mata atau kulit? Tidak," kata Elisabeth Richard dalam laporan AFP.

Justru, penyelenggaraan kacamata hitam diperlukan untuk mencegah kanker, tepatnya kanker mata, menurut Profesor Klinis Oftalmologi di area tempat Fakultas Kedokteran Universitas New York Paul T. Finger.

Akademisi yang tersebut mana juga bekerja sebagai dokter di area dalam pusat perawatan kanker mata New York ini menjelaskan sinar ultraviolet (UV) lalu juga sinar inframerah (IR) merupakan cahaya yang digunakan tiada ada terlihat oleh mata.

Walau tidaklah terlihat, kedua sinar hal yang tetap diserap oleh mata kemudian kelopak mata. Ketika semua bentuk cahaya diserap oleh tubuh, terjadi reaksi yang mana mengakibatkan panas lalu perubahan kimia. 

Sinar ultraviolet sangat energik lalu menyebabkan lebih lanjut lanjut banyak kerusakan pada jaringan mata, dibandingkan sinar tampak.

Untuk itu, kacamata hitam menjadi salah satu alat yang digunakan dapat menurunkan risiko kanker mata. 

Dengan catatan kacamata hitam itu mampu memblokir semua radiasi UV atau cahaya dengan panjang gelombang pada bawah 400 nm, jelas Finger dalam laman eyecancer.

Klaim: Kacamata hitam sebabkan kanker kulit
Rating: Hoaks

Baca juga: Pakar imbau anak muda ubah gaya hidup pemicu kanker 

Baca juga: Mahasiswa Unand ciptakan inovasi pendeteksi kanker kulit

Baca juga Tanda-tanda kanker kulit yang digunakan sanggup dikenali diri sendiri