Hamas Ancam Israel Pakai Rudal Toofan, Ini Spesifikasinya

Hamas Ancam Israel Pakai Rudal Toofan, Ini Spesifikasinya

republicberita.com –

Jakarta – Hamas mengancam akan menggunakan rudal Toofan untuk memborbadir Israel jika serangan ke Gaza tak dihentikan. Peluru kendali yang digunakan ternyata dikembangkan oleh Iran juga juga berasal dari Amerika Serikat.

Menurut CNN International, rudal Toophan atau Tufan dikembangkan dengan menjiplak rudal BGM-71 TOW buatan Amerika Serikat.

“Iran sudah pernah lama menunjukkan kemampuan untuk menjiplak [reverse-engineer] persenjataan AS. Mereka menjiplak rudal anti-tank TOW, menciptakan replika yang tersebut hal tersebut nyaris sempurna lalu menamakannya Toophan,” kata Jonathan Lord dari Center for a New American Security, seperti dikutip oleh CNN International.

Rudal TOW dibeli Iran dari Amerika Serikat pada 1970-an. Namun, AS berhenti menyediakan senjata juga teknologi persenjataan untuk Iran setelah Revolusi Iran pecah pada 1979.

Senjata yang dimaksud disebut bisa jadi jadi diluncurkan dari darat atau dari pesawat. Toofan menggunakan sistem pemandu SACLOS. Penggunanya harus mempertahankan sorotan kamera dalam target hingga rudal menghantamnya.

Di rudal Toofan ada lampu xenon yang mana yang disebut kemudian dideteksi oleh lensa termal, untuk menentukan posisi rudal. Di sisi lain, kamera utama menentukan posisi target. Informasi dari kedua kamera ini kemudian diolah oleh pusat pengendali yang dimaksud dinamakan (Digital Missile Guidance Set/DMGS). DMGS kemudian akan memilih rute misil lalu mengoreksi lintasan.

Rudal Toofan terus dikembangkan hingga sudah miliki beberapa versi. Versi pertama, Toofan-1, yang mana hal itu dijiplak dari BGM-71 TOW miliki jangkauan 3.850 juga kekuatan penetrasi 550 mm.

Lalu ada Toofan-3, rudal yang dimaksud digunakan didesain untuk menghancurkan kendaraan lapis baja dari atas, yaitu bagian paling rentan dari tank. Setelah meluncur di area area ketinggian 2-3 meter, Toofan-3 akan melakukan dua hal begitu berposisi di area tempat atas tank sasaran. Pertama, meluncur ke bawah atau meledak dalam atas target.

Di Toofan-4, Iran mulai menerapkan teknologi termobaric atau bom vakum. Ledakan amunisi termobaric menyebarkan cairan, gas, atau serbuk peledak. Sistem ini berarti seluruh material ledak di tempat area dalam rudal juga merupakan materi bakar, sehingga rudal mampu menghasilkan energi yang itu sangat terpencil lebih lanjut lanjut besar.


Tinggalkan Balasan