Gerhana Cincin Api Hari Ini, Cek Cara Menyaksikan dari RI!

Gerhana Cincin Api Hari Ini, Cek Cara Menyaksikan dari RI!

republicberita.com –

Jakarta – Fenomena Gerhana Matahari Cincin Api akan berlangsung pada malam ini, Sabtu (14/10/2023). Sayangnya, peristiwa hal hal tersebut tak dapat dilihat langsung di tempat tempat langit Indonesia.

Untuk menyaksikannya, rakyat dalam area Indonesia masih dapat mengakses siaran langsung (live-streaming) dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Lembaga itu akan menyiarkan penampakan dari Albuquerque, New Mexico, Kirbyville, Texas, kemudian White Sands.

Siaran langsung akan dimulai pada 14 Oktober 2023 pukul 11:30 ET atau 22:30 WIB. Masyarakat dapat menontonnya di dalam tempat beragam kanal milik NASA, mulai dari website resmi juga aplikasi NASA.

Selain itu Gerhana Matahari Cincin Api juga akan disiarkan di area tempat beberapa jumlah keseluruhan akun resmi media sosial mili NASA. Yakni X atau Twitter (https://twitter.com/nasa), Facebook (https://www.facebook.com/events/257401430535836), juga Youtube (https://www.youtube.com/watch?v=LlY79zjud-Q).

Gerhana Matahari Cincin Api merupakan fenomena saat Bulan berada dalam titik terjauh orbitnya. Dengan begitu memproduksi Bulan tiada dapat belaka menghalangi sepenuhnya permukaan Matahari. Cahaya yang dimaksud tertinggal itu mengelilingi Bulan, yang mana mana terlihat layaknya cincin api.

Pada fenomena akhir pekan ini, Gerhana Matahari Cincin Api akan terlihat di dalam tempat beberapa jumlah agregat wilayah Amerika Utara dimulai pada 12:13 ET (11:13 WIB) hingga 13:03 ET (00:03 WIB 15 Oktober 2023). Seperti pantai Oregon ke Pantai Teluk Texas, Oregon, Nevada, Utah, New Mexico, juga Texas. Selain itu gerhana juga dapat dilihat di tempat area beberapa wilayah California, Idaho, Colorado, serta juga Arizona.

Selain Amerika Utara, fenomena gerhana ini sanggup sekadar juga dilihat dalam Meksiko, Belize, Honduras, Panama, juga Kolombia. Nantinya akan berakhir pada lepas pantai Atlantik Amerika Selatan di dalam area Natal, Brasil.

Bagi Anda yang tersebut dimaksud punya kesempatan melihatnya secara langsung, disarankan tiada ada mengarahkan mata Anda langsung ke arah langit. Sebab, cahaya Matahari tiada akan terhalang sepenuhnya saat Gerhana Matahari terjadi.

Jadi gunakan pelindung khusus mata untuk menyaksikannya. Seperti kacamata gerhana bersertifikat lalu teleskop maupun kamera dengan filter Matahari khusus.

Tinggalkan Balasan