Gempa M 5,5 dalam Maluku Malam Ini Diikuti Satu Susulan

Gempa M 5,5 dalam Maluku Malam Ini Diikuti Satu Susulan

republicberita.com – Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi juga Geofisika (BMKG) menyatakan adanya gempa tektonik dengan pembaruan parameter Magnitudo 5,5 pada hari  Sabtu, 28 Oktober 2023 pukul 20.04 WIT. Lokasi gempa berada di dalam wilayah pantai barat laut Maluku Barat Daya, Maluku.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan juga Tsunami BMKG, Daryono, lewat rilis yang mana dibagikan, gempa bumi yang bersifat dangkal akibat aktivitas Wetar thrust. Ia menyebutkan bahwa gempa bumi miliki mekanisme pergerakan geser naik atau oblique thrust.  

Selain itu, gempa berlokasi pada laut pada jarak 5 km arah barat laut Wetar Utara, Maluku Barat Daya, Maluku, pada kedalaman 10 km.

Berdasarkan estimasi peta guncangan, gempa bumi ini menimbulkan guncangan dalam daerah Wetar Utara, Wetar Barat, dan juga Kota Tiakur dengan skala intensitas IV MMI. Di daerah Wetar dengan skala intensitas III – IV MMI. Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Di daerah Kota Kalabahi dengan skala intensitas III MMI. Getaran juga dirasakan di tempat daerah Kota Atambua, Kota Betun, kemudian Kota Kefamenanu dengan skala intensitas II – III MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang mana ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidaklah berpotensi tsunami. Selain itu, hingga pukul 20.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempa bumi susulan.

Daryono mengajak warga agar tetap tenang lalu tak terpengaruh oleh isu yang dimaksud tiada dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia juga memohon menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

 Pilihan Editor: Gempa 5,0 Magnitudo Guncang Sulawesi Utara, BMKG: Hati-hati Lindu Susulan