Bisnis  

EXCL Buka Suara Soal Caplok Saham FREN Diharga Murah Rp50 Per Lembar

EXCL Buka Suara Soal Caplok Saham FREN Diharga Murah Rp50 Per Lembar

republicberita.com – Teka-teki isu penggabungan ataupun merger antara PT XL Axiata Tbk (EXCL) kemudian PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) masih abu-abu.

Tebaru tersiar kabar bahwa EXCL telah dilakukan mencaplok saham FREN diharga ekonomis yakni dibawah Rp50 per lembar saham.

Menanggapi hal hal tersebut Corporate Secretary EXCL Ranty Astari Rachman mengatakan sampai penjelasan ini disampaikan, tidaklah terdapat aksi korporasi terkait dengan rencana merger yang mana dijalankan oleh EXCL juga FREN.

“EXCL akan senantiasa memperhatikan lalu memenuhi kewajiban-kewajiban yang tersebut perlu dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang tersebut berlaku, termasuk di area antaranya ketentuan di area bidang pasar modal,” kata Ranty dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Sabtu (11/11/2023).

Menurut Ranty, sampai saat ini tiada ada kejadian material yang dimaksud dapat mempengaruhi kelangsungan hidup EXCL, serta dapat mempengaruhi harga jual saham EXCL.

Sebelumnya, Presiden Direktur Smartfren Telecom Merza Fachys juga sudah merespons kabar yang tersebut menyatakan FREN dan juga EXCL telah dilakukan bersepakat untuk merger.

Merza menuturkan hingga saat ini manajemen belum mengetahui sejauh apa proses diskusi yang dimaksud tengah berlangsung terkait dengan merger tersebut. 

“Kami tiada tahu. Saya baca juga kabarnya, tapi belum dapat konfirmasi apa-apa [dari pemegang saham],” kata Merza ditemui pada Gedung DPR, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Merza melanjutkan, pembicaraan mengenai merger bukan merupakan urusan pihaknya di tempat manajemen. Menurutnya, pembicaraan yang disebut merupakan ranah pemegang saham, dalam hal ini Grup Sinarmas juga Grup Axiata.