Ditjen Imigrasi bahas implementasi kebijakan keimigrasian di area Belanda

Ditjen Imigrasi bahas implementasi kebijakan keimigrasian dalam area Belanda

republicberita.com – Jakarta – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum serta Hak Asasi Manusia mengkaji implementasi kebijakan keimigrasian pada perwakilan Indonesia saat menghadiri courtesy call dengan KBRI Den Haag, Belanda, Senin (23/10) malam waktu setempat.

"Kehadiran delegasi Kemenkumham, khususnya Ditjen Imigrasi dalam Den Haag bertujuan mengeksplorasi pengimplementasian kebijakan keimigrasian pada perwakilan RI dari seluruh dunia,” kata Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim sebagaimana keterangan tercatat diterima di area area Jakarta, Selasa malam.

Pada kesempatan tersebut, duta besar Indonesia lalu delegasi Kemenkumham bertukar informasi mengenai aktivitas warga negara Indonesia dalam Belanda serta beberapa aspek kebijakan Pemerintah Belanda dalam menjaga ketertiban warga kemudian bidang ekonomi.

Silmy Karim berharap courtesy call dari duta besar RI hal hal itu juga menjadi ajang untuk mempererat hubungan baik antara Ditjen Imigrasi dengan Kedutaan Besar RI di area tempat Belanda.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Belanda H.E. Mayerfas berbagi informasi mengenai beberapa aspek kehidupan Indonesia dalam area Belanda, yakni menyoal kehidupan sosial, agama serta budaya, hingga pendidikan.

"Di Den Haag juga ada sekolah Indonesia, dari SD sampai SMA. Akan tetapi, kebanyakan siswanya belajar dengan sistem PJJ (pendidikan jarak jauh). Siswanya diisi oleh anak-anak diplomat maupun orang Indonesia yang dimaksud digunakan bekerja dalam tempat perusahaan Belanda. Kurikulumnya mengikuti Indonesia juga kepala sekolahnya juga didatangkan dari Indonesia," papar Mayerfas.

Courtesy call merupakan prakegiatan dari rangkaian Rapat Koordinasi Perwakilan Imigrasi pada tempat KBRI dari berbagai negara yang tersebut dimaksud berlangsung pada 24–27 Oktober 2023 di area dalam Den Haag.

Agenda selanjutnya dalam kegiatan itu akan mengkaji beberapa kebijakan keimigrasian. Tujuannya adalah agar kebijakan keimigrasian itu dapat diimplementasikan secara optimal untuk perwakilan RI di area dalam seluruh dunia.

Courtesy call hal itu dihadiri Pelaksana Harian Sekretaris Jenderal Kemenkumham Reinhard Silitonga, Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim, juga juga Inspektur Jenderal Kemenkumham Razilu.

Selain itu, hadir pula jajaran direktur (board of directors) Ditjen Imigrasi beserta Atase Imigrasi Den Haag lalu Atase Imigrasi Berlin, Jerman.