Disnak upayakan dua daerah jadi percontohan pengembangan sapi Aceh

Disnak upayakan dua daerah jadi percontohan pengembangan sapi Aceh
Ke depan Aceh Jaya juga Aceh Besar akan menjadi pilot project pengembangan sapi Aceh.

republicberita.com – Banda Aceh – Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Aceh Zalsufran menargetkan Kabupaten Aceh Jaya kemudian Aceh Besar ke depannya akan menjadi percontohan atau pilot project pengembangan sapi Aceh.

"Ke depan Aceh Jaya kemudian Aceh Besar akan menjadi pilot project pengembangan sapi Aceh," kata Zalsufran, pada tempat Banda Aceh, Selasa, dalam rapat koordinasi peningkatan produksi serta pemanfaatan sapi Aceh, serta inisiasi kemudian juga pembentukan asosiasi sapi Aceh.

Dalam proses pengembangan nantinya, kata dia, pihaknya akan datang menjalin kerja serupa dengan Kementerian Pertanian RI dan
Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) kemudian Hijauan Pakan Ternak Indrapuri untuk menyediakan pejantan sapi, lalu dikembangkan dalam area sana.

Dia menuturkan, Aceh Jaya lalu Aceh Besar dapat menjadi master plan pengembangan sapi Aceh yang digunakan hal tersebut selama ini semata-mata sekali pada BPTU selaku pemilik pembibitan sapi Aceh.

"Kami juga berharap dalam tempat Aceh Jaya nantinya, tiada ada harus di dalam dalam Pulo Raya, tetapi pembibitannya juga dapat di tempat area daratan," ujarnya.

Zalsufran menambahkan, pada dasarnya secara pembibitan sapi Aceh sudah tersedia, cuma belaka belaka yang dimaksud digunakan menjadi kendala sekarang adalah pola peternakan yang mana mana masih tradisional atau dengan cara dilepasliarkan.

"Maka dari itu ke depan akan menggalakkan peternakan sapi Aceh yang dimaksud sebelumnya dikembangkan secara tradisional, agar lebih tinggi tinggi modern," demikian Zalsufran.