Deret Daerah RI Diprediksi ‘Tersengat’ Panas Hingga 40 Derajat Celsius

Deret Daerah RI Diprediksi ‘Tersengat’ Panas Hingga 40 Derajat Celsius

republicberita.com – Cuaca panas menyengat sebagian wilayah Indonesia dalam beberapa hari terakhir. Badan Meteorologi Klimatologi lalu juga Geofisika () bahkan memprediksi suhu panas dalam Indonesia dapat tembus hingga  Celsius.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan suhu panas di area area Indonesia berkenaan dengan hawa panas yang mana melanda beberapa total kawasan di tempat tempat Indonesia dalam tengah musim kemarau. Tidak semata-mata itu, tren global juga menunjukkan peningkatan suhu pada tempat berbagai belahan dunia imbas perubahan iklim.

“Kami memprediksi dari hitungan kami sampai Oktober ini dimungkinkan dapat terjadi suhu udara permukaan mencapai 40 derajat Celsius,” kata Dwikorita dalam dalam program CNN Indonesia Connected, Jumat (6/10).

Menurut Dwikorita setidaknya ada dua faktor yang tersebut dimaksud menimbulkan beberapa orang wilayah pada dalam RI kian panas, yakni fenomena ‘pengering’ hujan alias El Nino serta gerak semu Matahari.

Lalu, daerah mana cuma yang mana digunakan diprediksi calon ‘tersengat’ suhu panas hingga 40 derajat Celsius? Berikut rangkumannya:

Semarang

Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang diprediksi jadi salah satu daerah yang dimaksud calon tersengat cuaca panas hingga 40 derajat Celsius.

Prakirawan Kantor Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi kemudian Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang, Haris Syahid Hakim mengatakan suhu di dalam dalam wilayah Semarang terbilang panas dalam 30 tahun terakhir.Bahkan, menurut dia, cuaca panas dalam Semarang sanggup menembus 40 derajat Celsius.

“Suhu udara harian selama Oktober rata-rata berkisar antara 36-37 derajat pada jam 13.00-14.00 WIB. Tapi berdasarkan data selama 30 tahun terakhir kemungkinan suhu udara dapat sekadar mencapai 40 derajat untuk wilayah Pantura termasuk Semarang, Pesisir Jawa Tengah bagian timur,” kata Haris.

Merujuk laman pemantau suhu, AccuWeather, suhu pada Semarang pada Senin (9/10), mencapai 39 derajat Celsius, tapi terasa seperti 42 derajat Celsius. Laman ini juga memprediksi bahwa suhu serupa akan datang terjadi dalam Semarang pada 20 Oktober 2023.

Surabaya

Mengutip Antara, beberapa daerah di area area Indonesia yang dimaksud dimaksud diprediksi mengalami suhu panas ekstrem, pada tempat antaranya adalah Kota Surabaya. Dalam laporannya, Antara menyebut, suhu udara maksimal diprakirakan mencapai 43 derajat Celsius di tempat tempat Kota Surabaya pada pertengahan Oktober 2023.

Merujuk AccuWeather, suhu pada Surabaya akan datang tembus tambahan tinggi dari 40 derajat Celsius mulai tanggal 19 sampai 22 Oktober. Rinciannya, 19 Oktober suhu diprakirakan mencapai 42 derajat Celsius, 20 Oktober (42 derajat Celsius), 21 Oktober (42 derajat celsius), juga 22 Oktober (41 derajat Celsius).

Namun begitu, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan bahwa kemungkinan sangat kecil suhu tembus hingga tambahan banyak dari 40 derajat Celsius, akibat secara statistik, suhu maksimum pada area Indonesia tiada pernah mencapai 42 derajat.

“Saya meragukan suhu yang dimaksud digunakan disampai oleh AccuWeather oleh sebab itu secara statistik pada dalam Indonesia suhu maksimum itu belum pernah mencapai 42 derajat. AccuWeather juga tiada punya alat di area dalam Indonesia,” ucap Guswanto, mengutip Detik.

Infografis Dan Bumi pun Makin PanasDan Bumi pun Makin Panas (Foto: CNNIndonesia/Basith Subastian)

Penyebab Indonesia Panas Banget Belakangan Ini

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


HALAMAN:
1 2

Tinggalkan Balasan