Cuaca Panas pada Indonesia Sampai Kapan? Simak Penjelasan dari BMKG

Cuaca Panas pada Indonesia Sampai Kapan? Simak Penjelasan dari BMKG

republicberita.com – Sampai cuaca panas pada Indonesia ini akan berlangsung? Pertanyaan ini kerap terlontar belakangan ini.

Seperti yang digunakan banyak diketahui, akhir-akhir ini, sebagian besar wilayah dalam Indonesia mengalami cuaca panas yang cukup ekstrem. Suhu udara di dalam beberapa daerah dapat mencapai 35-38 derajat Celcius pada siang hari. Fenomena ini tentu semata menghasilkan banyak orang bertanya-tanya, sampai kapan cuaca panas ini akan berlangsung?

Badan Meteorologi, Klimatologi, juga Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa cuaca panas dalam Indonesia masih akan berlangsung hingga pertengahan Oktober 2023.

Hal ini dikarenakan kondisi cuaca cerah masih mendominasi pada siang hari di dalam sebagian besar wilayah Indonesia. Namun, cuaca panas bukan akan terjadi sepanjang bulan, melainkan bergantung pada kemungkinan cuaca harian.

Jika ada kemungkinan cuaca berawan atau hujan, maka suhu udara akan relatif berkurang.

Penyebab cuaca panas ekstrem di dalam Indonesia

Menurut BMKG, ada beberapa faktor yang mana memicu cuaca panas pada Indonesia, berikut adalah beberapa di dalam antaranya.

– Kondisi cuaca cerah serta minim awan yang tersebut menyebabkan penyinaran matahari ke permukaan bumi tidak ada terhalang oleh awan

– Musim kemarau kemudian peralihan musim dalam sebagian besar wilayah Indonesia. Saat ini, sebagian besar wilayah di tempat Indonesia masih mengalami musim kemarau atau sedang memasuki periode peralihan musim dari kemarau ke penghujan.

– Pergerakan semu matahari pada akhir September hingga awal Oktober, posisi semu matahari berada dalam sekitar ekuator. Hal ini berarti matahari berada tepat di area atas kepala pada siang hari

Tinggalkan Balasan