Bisnis  

Cegah Erosi Pantai, GMC Sumut Tanam Bibit Pohon Cemara

Cegah Erosi Pantai, GMC Sumut Tanam Bibit Pohon Cemara

republicberita.com – Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) mengadakan kegiatan bakti sosial penyetoran bibit pohon cemara dalam pantai yang digunakan berada pada Desa Bagan Kuala, Dusun 3, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara.

Kordinator Wilayah Ganjar Milenial Center Sumut, Yusuf Elpa Sagala mengatakan kegiatan itu sebagai upaya GMC untuk terus menjaga kelestarian pantai di dalam mana saja, termasuk di dalam Kabupaten Serdang Bedagai.

“Dengan menginvestasikan pohon dalam pinggir pantai ini dapat mencegah kemudian meminimalisir terjadinya erosi pada pantai,” kata Yusuf ditulis Selasa (24/10/2023).

Dia menambahkan dalam kegiatan yang GMC mengajak penduduk sekitar lalu HMJ Pengembangan Masyarakat Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) bergotong-royong menyetorkan pohon itu dipantai.

Baca Juga:Viral Potongan Kaki Manusia Ditemukan dalam Pantai Penimbangan, Saksi Mengira Kaki Hewan

Tampak para peserta sangat antusias menghadiri kegiatan bakti sosial tersebut. Hal itu dilihat dari para milenial yang tersebut semangat menyumbangkan pohon cemara di tempat pinggir pantai itu.

Menurut dia, penyertaan pohon cemara laut ini juga miliki manfat.

Salah satunya untuk menahan angin dan juga uap air laut yang mana mengandung garam. Selain itu, pohon itu juga menggerakkan perbaikan lingkungan. “Sehingga cocok jika ditanami di dalam pinggiran antara pantai juga laut,” tuturnya.

Dia juga mengajak rakyat sekitar agar terus menjaga dan juga membersihkan pantai agar tetap bersih. Sebab, jika pantai bersih maka banyak warga yang digunakan ingin berlibur.

“Kegiatan ini juga tiada lupa kami mengajak warga sekitar untuk bergotong royong membersihkan pantai juga mensosialisasikan sosok Ganjar-Mahfud MD kepada masyarakat,” ujar Yusuf.

Baca Juga:4 Petugas Satpol PP Padang Luka-luka Diserang Pedagang Pantai Padang, Dilempari Kayu dan juga Batu

Syahrul, salah satu peserta yang tersebut terlibat dalam kegiatan Bakti Sosial Penanaman Pohon tersebut, iya bersama publik kemudian peserta lainnya terlibat menyambut kegiatan hal itu dengan penuh antusias