Canggih, IKN Bakal Punya Taksi Terbang!

Canggih, IKN Bakal Punya Taksi Terbang!

republicberita.com –

Jakarta – Ibu Kota Negara (IKN) ‘Nusantara’ akan datang diselimuti beberapa jumlah total teknologi canggih, mulai dari penerapan 5G hingga rencana keberadaan taksi terbang.

Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi menjamin IKN akan didukung dengan jaringan 5G. Sebab, Nusantara akan menerapkan desain smart city atau kota pintar.

“Gini, kalau IKN harus 5G, ngerjainnya kan smart city, masa cuma 50 Mbps. [Kalau tidaklah 5G] enggak smart,” kata Budi dalam acara Digital Creative Leadership Forum, dalam Jakarta, Kamis (9/11/20230).

Jaringan 5G akan diterapkan pada tempat semua sektor. Mulai dari pemerintah, sekolah, rumah sakit, lalu transportasi pada IKN akan menggunakan internet cepat.

Budi mengatakan jaringan 5G sedang berproses dikerjakan secara pararel di IKN. Namun, dia belum merinci kapan internet cepat itu akan beroperasi penuh nantinya.

Ditemui dalam kesempatan yang digunakan mana sama, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengungkapkan akan ada taksi terbang di tempat dalam IKN. Sekarang, transportasi itu tengah dalam tahapan proof-of-concept bersama dengan Hyundai.

“Kami sedang melakukan kerja identik dengan Hyundai untuk sky taxi,” ungkap Bambang.

Taksi terbang itu akan bisa jadi hanya diisi empat orang dengan satu pilot. Nantinya akan digunakan untuk membawa warga berpindah dari satu tempat ke tempat lain, utamanya untuk Nusantara serta sekitarnya.

“Bisa mentransportasikan penduduk dari satu tempat ke tempat laon utamanya dari Samarinda, Balikpapan, juga Nusantara,” jelasnya.

Artikel Selanjutnya Pamer Baju Depan Jokowi, Menkominfo Budi Siap Pindah ke IKN