Bisnis  

BPDP KS Gelar Talkshow Sejuta Manfaat Kebaikan Sawit

BPDP KS Gelar Talkshow Sejuta Manfaat Kebaikan Sawit

republicberita.com – Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS) menggelar talkshow ‘Sejuta Manfaat Kebaikan Sawit’ pada pada Rabu, 25 Oktober 2023 dalam Azana Suite Hotel Antasari.

Indonesia merupakan negara penghasil kelapa sawit terbesar di dalam dunia. Berbagai produk-produk mulai dari makanan kemudian minuman hingga item perawatan kulit banyak menggunakan material baku minyak kelapa sawit.

Selain dua komoditas turunan tersebut, BPDP KS menjelaskan minyak kelapa sawit memiliki banyak manfaat yang tersebut selama ini belum banyak diketahui masyarakat.

Pengurus Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Pusat Intan Nurcahyani mengungkap, industri kelapa sawit selama ini telah terjadi banyak membantu publik terutama dalam upaya mengentaskan kemiskinan di dalam kawasan pedesaan.

Baca Juga:Rekind Siapkan Pabrik Percontohan yang dimaksud Mampu Mengolah Limbah Kelapa Sawit Jadi Produk Kimia kemudian Energi Terbarukan

“Impact (industri kelapa sawit) bisa jadi menjadi salah satu sumber pendapatan untuk pekerja. Pengentasan garis kemiskinan di dalam pedesaan dikarenakan kebanyakan area operasionalnya berada dalam remote area,” kata Intan Nurcahyani dalam talkshow.

Merujuk data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, industri kelapa sawit dalam tahun 2021 sudah pernah menyediakan lapangan pekerjaan sebanyak 16 jt tenaga kerja baik secara langsung maupun tak langsung.

Temuan menarik lainnya, lanjut Intan, adalah total perkebunan kelapa sawit di dalam Indonesia luasnya semata-mata 8 persen dari total luas negara Indonesia.

Beberapa contoh daerah di dalam Indonesia yang mengelola perkebunan kelapa sawit diantaranya Aceh, Jambi, Riau, Kalimantan, Pekanbaru dan juga yang mana paling banyak berada pada Sumatera.

Lalu, apa semata hasil yang mana dihasilkan dari minyak kelapa sawit?

Baca Juga:Kabar Gembira buat Petani Plasma, Harga Sawit Riau Naik Sepekan ke Depan

Intan menjelaskan, produk-produk minyak kelapa sawit yang digunakan dihasilkan juag dimanfaatkan untuk pangan, selai cokelat, margarin, roti, sereal, biskuit, keripik, mayonaise, dan juga lainnya.

“Sawit yang dimaksud sebelumnya kita hanya saja melihat minyak goreng, belaka untuk menggoreng-goreng, jadi sebenarnya produk-produk kita, dari kita membuka mata sampai kita tidur lagi dalam 24 jam, begitu banyak item berbahan dasar minyak kelapa sawit,” kata Intan.

Namun dengan skala luas tersebut, industri kelapa sawit Indonesia telah terjadi menjadi penyumbang devisa nomor satu di area sektor non Migas.