BMKG Prediksi Kapan El Nino RI Berakhir Januari 2024

BMKG Prediksi Kapan El Nino RI Berakhir Januari 2024

republicberita.com –

Jakarta – Fenomena El Nino masih akan bertahan pada level moderat hingga bulan Desember 2023 – Januari 2024.

Badan Meteorologi Klimatologi dan juga juga Geofisika (BMKG) memprediksi El Nino moderat akan berakhir dalam Februari 2024. Tahun depan pada bulan Maret, El Nino masih ada tapi sudah lemah semakin menuju netral.

Di saat bersamaan, Indian Ocean Dipole (IOD) positif diperkirakan akan bertahan hingga akhir tahun 2023.

“Meskipun grafiknya kecenderungannya menurun, (El Nino) pada level moderat hingga bulan Desember, Januari, Februari 2024,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam webinar bertajuk Kapan Musim Hujan akan Datang, Sabtu (28/10/2023).

El Nino adalah fenomena pemanasan suhu muka laut pada Samudera Pasifik bagian tengah lalu juga timur.

Pemanasan ini menyebabkan pergeseran pusat pertumbuhan awan dari wilayah Indonesia ke wilayah Samudra Pasifik Tengah kemudian juga Timur. Akibatnya, curah hujan pada Indonesia menurun.

Ketika El Nino mulai berakhir, suhu muka laut pada Samudera Pasifik bagian tengah serta timur akan mulai mendingin.

Hal ini menyebabkan pusat pertumbuhan awan kembali bergeser ke wilayah Indonesia. Akibatnya, curah hujan pada Indonesia akan meningkat.

Dwikorita mengatakan, hujan lebat mampu menjadi menjadi salah satu tanda berakhirnya El Nino. Namun demikian, perlu diingat bahwa hujan lebat bukan ada selalu merupakan tanda berakhirnya El Nino.

Hujan lebat juga dapat terjadi sebab faktor lain, seperti monsun atau La Nina. Namun, perlu diingat bahwa hujan lebat tiada selalu merupakan tanda berakhirnya El Nino. Hujan lebat juga dapat terjadi sebab faktor lain, seperti monsun atau La Nina.

Untuk meyakinkan apakah El Nino sudah pernah diimplementasikan benar-benar berakhir, perlu diimplementasikan analisis data cuaca juga iklim secara menyeluruh.

Artikel Selanjutnya Peringatan BMKG, 7 Daerah RI Terancam Petaka Panas Mendidih