BAKTI Kominfo pastikan kelanjutan SATRIA-2 juga Palapa Ring Integrasi

BAKTI Kominfo pastikan kelanjutan SATRIA-2 juga Palapa Ring Integrasi
SATRIA-2 itu tetap kami akan teruskan untuk masuk ke dalam Greenbook Bappenas lantaran memang kebutuhan Indonesia yang tersebut merupakan negara kepulauan

republicberita.com – Jakarta – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi serta Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo menjamin rencana perkembangan infrastruktur digital yaitu Satelit Republik Indonesia-2 (SATRIA-2) serta Palapa Ring Integrasi tetap berlanjut untuk menciptakan konektivitas digital semakin andal lalu merata pada Indonesia.

"SATRIA-2 itu tetap kami akan teruskan untuk masuk ke dalam Greenbook Bappenas lantaran memang kebutuhan Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Ini (infrastruktur digital) tidaklah semuanya mampu diselesaikan dengan pendekatan teresterial. Jadi wilayah yang tersebut tidaklah ada ter-cover solusi teresterial kami lakukan dengan pendekatan satelit," kata Direktur Utama BAKTI Kominfo Fadhilah Mathar mengungkapkan kepastian SATRIA-2 pada Jakarta, Selasa.

Fadhilah kemudian menambahkan, bahkan untuk proyek Palapa Ring Integrasi yang dimaksud menjadi Program Strategis Nasional (PSN) saat ini, tengah dalam tahapan feasibility study atau uji kelayakan oleh Satuan Tugas BAKTI Kominfo.

Menurut dia, uji kelayakan untuk proyek Palapa Ring Integrasi hal itu dijalankan agar jaringan komunikasi berbasis fiber optik itu nantinya tak ada belaka semata menjadi jaringan tulang punggung (backbone) saja, tapi juga menjadi jaringan backhaul.

Secara sederhana, backhaul itu memungkinkan jaringan komunikasi itu sanggup sampai bahkan hingga ke warga secara langsung, sehingga harapannya konektivitas digital bisa saja jadi semakin inklusif.

"Uji ini dikerjakan sehingga kualitas maupun pengalaman pelanggan dari pengguna internet di tempat tempat Indonesia mampu meningkat. Apalagi FO itu memang sangat jarak jauh tambahan baik dibandingkan satelit, nah itu (jaring FO) kami harapkan semakin mudah menjangkau ke end-user atau masyarakat. Ini yang tersebut kami perbaiki kajian teknisnya,"ujar Fadhilah.

Terkait dengan pembiayaannya, Fadhilah mengatakan untuk Palapa Ring Integrasi akibat merupakan PSN nantinya pembiayaan akan diajukan langsung kepada Kementerian Keuangan juga Bappenas.

Sementara, untuk SATRIA-2 masih dalam tahapan pengkajian ulang agar proyek yang mana bukan akan melanggar baik dari sisi regulasi, administrasi negara, hingga keuangan negara.