Asian Para Games: Rebut Emas Pertama Indonesia di area Hangzhou, Saptoyogo Rela Lawan Rasa Sakit

Asian Para Games: Rebut Emas Pertama Indonesia di tempat area Hangzhou, Saptoyogo Rela Lawan Rasa Sakit

republicberita.com – Pelari Indonesia, Saptoyogo Purnomo mengatakan harus melawan rasa sakit pada kakinya demi meraih medali emas pertama Indonesia di area Asian Para Games 2022 Hangzhou, China, Senin (23/10).

Saptoyogo merebut medali emas dalam nomor lari 400 meter T37 putra setelah berpacu dengan lawan serta memaksimalkan kecepatannya meskipun kakinya tak dalam kondisi prima.

“Saya berlomba melawan rasa sakit di dalam paha kaki kiri serta kaki kanan, tapi saya tahan rasa sakit itu sepanjang lomba supaya bisa jadi meraih emas bagi Indonesia,” kata Saptoyogo dalam keterangan resmi Komite Paralimpiade (NPC) Indonesia, Senin.

Setelah menyentuh garis finis, Yogo harus mendapatkan perawatan akibat mengalami kram kemudian rasa sakit pada paha kiri.

Baca Juga:Saptoyogo Sumbang Medali Emas Pertama untuk Indonesia di dalam APG 2022 Hangzhou

Kondisi Yogo pun dilaporkan mendapat perhatian khusus dari tim medis dikarenakan ia masih akan berlomba dalam nomor 100 dan juga 200 meter T37 putra.

Adapun sprinter yang mana biasa disapa Yogo itu kemudian menjelaskan strategi yang mana ia terapkan dalam memenangi adu lari dengan pesaingnya.

“Saya berlari juga mengandalkan feeling, saat 100 meter saya masih berlari pelan hingga memasuki awal 200 meter, namun dalam penghujung 200 meter baru saya mengeluarkan semua kemampuan saya hingga masuk garis finis. Memang lomba tadi sangat berat,” terang dia.

Pencapaian Yogo kali ini pun semakin memperpanjang rentetan prestasinya, setelah baru-baru ini ia meyakinkan tiket Paralimpiade 2024 Paris, Prancis setelah meraih medali perak pada nomor 100m kelas T37 putra Kejuaraan Dunia Para-Atletik 2023 di area Paris, Juli.

Dengan ini, maka cabang para-atletik telah terjadi menyumbangkan dua medali dalam Asian Para Games edisi keempat, setelah sebelumnya Suparni Yati meraih perak di area nomor tolak peluru F20 dengan catatan tolakan terbaik kedua, yakni 11,12 meter.

Baca Juga:Asian Para Games 2022 Hangzhou Resmi Dibuka

Sementara itu, Asian Para Games 2022 Hangzhou masih akan bergulir hingga Sabtu (28/10).

Skuad Merah Putih sendiri ditargetkan mampu finis dalam 10 besar Asian Para Games 2022 Hangzhou dengan raihan 19 medali emas, 23 perak, dan juga 25 perunggu.