Alasan Apple Rilis iPhone Setiap Tahun Dijawab CEO Tim Cook

Alasan Apple Rilis iPhone Setiap Tahun Dijawab CEO Tim Cook

republicberita.com –

Jakarta – Apple sedang gencar meluncurkan kampanye untuk menjadi perusahaan “ramah lingkungan” dengan target karbon netral pada 2030. Namun, banyak komentar miring menuding kebiasaan Apple meluncurkan iPhone baru tiap tahun memproduksi limbah elektronik menumpuk.

Pekan lalu, CEO Apple Tim Cook menjawab kritik persoalan peluncuran iPhone tiap tahun dalam wawancara dengan Brut. Ia menjelaskan alasan Apple memilih tetap meluncurkan iPhone setiap tahun kendati punya ambisi menjadi perusahaan yang tersebut yang netral karbon.

“Menurut saya, memiliki iPhone [baru] setiap tahun, bagi dia yang digunakan menginginkannya, adalah sesuatu yang dimaksud digunakan bagus. Apa yang mana kami lakukan adalah, kami memberikan kesempatan bagi merekan untuk menukar HP [lama] mereka,” katanya.

Lewat program tukar tambah iPhone, ia mengklaim Apple justru bisa saja sekadar mengurangi limbah elektronik lalu menghemat komponen.

“Kami kemudian mengedarkan kembali HP [lama] itu. Jika iPhone itu sudah tiada berfungsi, kami miliki cara untuk memperetelinya dan menggunakan material hal itu untuk menciptakan iPhone baru,” kata Cook.

Cook juga menantang para ahli yang mana dimaksud menuding Apple tak pernah akan dapat jadi menjadi perusahaan yang yang netral karbon. “Saya mengundang semua orang untuk membaca secara lengkap dalam tempat website Apple, apa yang tersebut kami maksud dengan itu. Kami bekerja keras untuk mengurangi jejak karbon kami sebesar mungkin.”

Selain itu, Apple juga memiliki program pelunasan karbon (carbon offset) untuk menutupi target yang tersebut itu bukan tercapai dengan pengurangan jejak karbon.

“Apa pun yang digunakan yang disebut belum dapat tercapai lewat upaya kami, kami lunasi dengan proyek seperti pengelolaan hutan kemudian sabana untuk mengurangi karbon dari atmosfer. Namun, tujuan kami adalah mengurangi jejak karbon sebanyak mungkin, sebelumnya [menggunakan sistem carbon offset],” kata Cook.


Tinggalkan Balasan