Travel  

5 Desa Wisata Dekat Jakarta, Ada Kampung Pecinan Glodok Hingga Pulau Untung Jawa

5 Desa Wisata Dekat Jakarta, Ada Kampung Pecinan Glodok Hingga Pulau Untung Jawa

republicberita.com – Jakarta – Selain wisata modern kemudian kekinian, Jakarta juga miliki destinasi desa wisata yang dapat dijadikan tempat hiburan kemudian pembelajaran. Tak perlu jauh-jauh, sebagian desa wisata terletak di area dekat Jakarta. Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 desa wisata tersebut: 

1. Kampung Pecinan Glodok

Kampung Pecinan Glodok merupakan kawasan hunian warga etnis Tionghoa tertua dalam Jakarta. Kawasan ini menawarkan banyak hal unik hasil akulturasi dari budaya Tionghoa, Sunda, Betawi, hingga Jawa. Desa Wisata Pecinan Glodok berada di area Pancoran, Jakarta Barat.

Kampung Pecinan Glodok menyuguhkan bangunan dengan arsitektur unik yang tersebut dilengkapi ornamen-ornamen Cina seperti Pancoran Chinatown Point. Tak hanya saja itu, destinasi ini juga memadukan bangunan hunian klasik-elegan dengan area komersial serta Citywalk juga pusat belanja tematik.

Di sini, pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan berbagai kesenian dari budaya Betawi kemudian Tionghoa, seperti pertunjukan tanjidor, ondel-ondel, silat beksi, serta barongsai. Selain itu, pengunjung dapat pula melihat ragam budaya perayaan Cap Go Meh di tempat Candra Naya lalu Klenteng Toa Se Bio. Pengunjung juga dapat menjumpai barang-barang khas negeri tirai bambu yang tersebut dijual di dalam sana.

2. Setu Babakan

Setu Babakan merupakan objek wisata dengan suasana khas budaya Betawi asli. Setu Babakan menampilkan segala hal yang tersebut berkaitan dengan kebudayaan Betawi, mulai mempelajari budaya Betawi hingga mencicipi kuliner khas Betawi. Setu Babakan berada pada Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Di sini, wisatawan dapat menyaksikan pertunjukan seni tradisional Betawi seperti lenong (teater tradisional), ondel-ondel (boneka raksasa), lalu ketoprak (pertunjukan teater komedi). Selain itu, pengunjung mampu mencoba pakaian tradisional Betawi dan juga menjajal berbagai makanan khas Betawi seperti kerak telor, soto Betawi, kemudian dodol Betawi.

Setu Babakan juga memiliki museum kemudian galeri seni yang mana menggambarkan sejarah dan juga budaya Betawi. Museum yang memamerkan replika mini rumah adat, alat musik tradisional, pakaian pengantin, perabotan tradisional, hingga mainan anak-anak.

Selain menikmati keindahan alam lalu budaya, Setu Babakan juga menawarkan berbagai aktivitas menarik lainnya. Wisatawan dapat bersepeda mengelilingi desa atau melakukan perjalanan bersama keluarga dengan kereta keliling. 

3. Kampung Condet

Sama halnya Setu Babakan, Desa Wisata Kampung Condet juga menampilkan budaya Betawi. Condet bahkan diklaim sebagai tempat jika mula sejarah Betawi, hal ini didasarkan pada banyaknya aset-aset budaya yang tersebut masih terpelihara dengan baik dalam sana, salah satunya alat musik khas betawi. Desa Wisata Kampung Condet terletak dalam Kramat Jati, Jakarta Timur.

Desa wisata kampung condet juga menawarkan berbagai kreasi seni dan juga kuliner tradisi betawi. Misalnya, kuliner dodol Betawi, bir pletok, emping, tauge goreng, hingga batik Betawi Condet. Ada juga sanggar tarian Betawi serta sanggar musik Betawi yang dimaksud berkembang pesat dalam sana.

Selain keindahan budayanya, perkampungan Betawi asli juga menyediakan objek wisata lainnya. Pengunjung dapat menikmati wisata edukasi mengenai pembibitan lalu budidaya tanaman buah seperti salak, duku, nangka, lalu durian.  

4. Kampung Cibugary

Dikutip dari jadesta.kemenparekraf.go.id, Kampung Cibubur Garden Dairy atau Cibugary merupakan kawasan wisata edukasi peternakan sapi perah yang dimaksud sudah dikelola sejak 1996. Kampung sapi perah Cibugary berdiri diatas lahan seluas 11 hektar lalu dihuni 20 KK Komunitas Peternak Sapi Perah rakyat betawi Jakarta. Kampung Cibugary berada di tempat Cipayung, Jakarta Timur.

Dilansir dari cibugary.co.id, Kampung Cibugary menawarkan wisata peternakan sapi perah bernuansa kebun kemudian taman. Kawasan ini juga mempunyai prasarana kelas edukasi Classical dengan pemandangan lepas di dalam Bumi Perkemahan Cibubur yang digunakan berada pada provinsi DKI.

Di sini, pengunjung akan belajar tentang peternakan sapi perah. Pengunjung akan dihadapkan dengan 1200 ekor sapi perah yang mana berasal dari Komunitas Peternak Sapi Perah rakyat betawi Jakarta.

5. Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawa merupakan salah satu destinasi wisata bahari dalam Jakarta. Destinasi yang dimaksud terletak di area Perairan Kepulauan Seribu ini, menyuguhkan pemandangan pasir putih yang berpadu dengan air laut berwarna hijau. 

Pulau Untung Jawa menyediakan berbagai wahana permainan air seperti banana boat, donat boat atau snorkeling. Tidak cuma itu, Pulau Untung Jawa mempunyai hutan mangrove cantik, dilengkapi keunikan Kampung Jepang yang dimaksud ada di tempat Pantai Sakura.

Di sini, wisatawan dapat menikmati pesona Desa Wisata Pulau Untung Jawa dengan berwisata bahari, wisata sejarah, wisata kuliner khas ikan bakar, wisata air, bersepeda, berpetualang di tempat hutan mangrove, serta sebagainya. Selain itu, wisatawan dapat pula mengunjungi destinasi yang digunakan tak berjauhan dari Pulau Untung Jawa. Misalnya singgah di tempat wisata konservasi di dalam Pulau Rambut, wisata sejarah di tempat Pulau Onrust, Pulau Cipir, Pulau Kelor, Pulau Resort dan juga Pulau Ayer, dikutip dari jadesta.kemenparekraf.go.id.

KHUMAR MAHENDRA | SHARISYA KUSUMA RAHMADA