35,6 Persen Wilayah Jawa Barat Alami Kekeringan Ekstrem, 2 Daerah ini Tanpa Hujan 122 Hari

35,6 Persen Wilayah Jawa Barat Alami Kekeringan Ekstrem, 2 Daerah ini Tanpa Hujan 122 Hari

republicberita.com – Bandung – Seluas 35,6 persen wilayah Jawa Barat mengalami kekeringan ekstrem akibat ketiadaan hujan selama lebih besar dari 60 hari. Berdasarkan pemutakhiran data pemantauan Stasiun Klimatologi BMKG Jawa Barat, kekeringan ekstrem yang terlama terjadi dalam Kecamatan Padalarang di area Kabupaten Bandung Barat dan juga Kecamatan Plumbon di dalam Ciurebon selama 122 hari. 

“Secara umum terutama pada pantura,” kata Hadi Saputra, Koordinator Bidang Data juga Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Jawa Barat, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Titik kekeringan ekstrem akibat hari tanpa hujan lebih tinggi dari 60 hari itu tersebar di area Kota juga Kabupaten Bekasi, Karawang, Subang. Kemudian Indramayu, Cirebon, Majalengka, serta Sumedang. Sebaran kekeringan ekstrem lainnya di dalam daerah utara Garut, Bandung, Kota Tasikmalaya, Ciamis, Banjar juga Pangandaran.  

“Untuk wilayah Bogor, Sukabumi utara, Cianjur utara, sekarang sudah mulai masuk masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan,” ujar Hadi.

Prediksi BMKG pada dasarian atau sepuluhan hari yang digunakan ketiga pada Oktober 2023, yaitu masuk kategori hujan rendah atau kurang dari 50 milimeter dengan sifat hujan umumnya dalam bawah normal. Hanya sebagian kecil wilayah Bogor yang diprakirakan hujan dengan kategori menengah antara 100 hingga 150 milimeter per dasarian.

Berdasarkan pemutakhiran data analisis curah hujan dasarian, keumuman curah hujan yang mana terjadi dalam Provinsi Jawa Barat berada pada kriteria rendah meliputi 94,5 persen wilayah. Sisanya atau 5,5 persen wilayah mengalami hujan kriteria menengah. 

Sebelumnya, menurut Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat Rakhmat Prasetia, secara umum wilayah Jawa Barat akan memasuki musim hujan yang dimaksud bervariasi. Waktunya mulai dari dasarian ke II bulan Oktober hingga Desember 2023.

Di akhir pekan, Sabtu, 21 Oktober, kemungkinan hujan cukup luas mencakup Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Sukabumi, Cianjur, Bandung Raya, Sumedang, kemudian Garut. Kemudian daerah pantura seperti Subang, lalu Purwakarta, Indramayu, Cirebon, Majalengka, dan juga Kuningan serta Ciamis. 

Adapun Ahad, 22 Oktober, di area wilayah Depok, Karawang, Bekasi, Purwakarta, Sukabumi, Cianjur, Bandung Raya, Sumedang, Majalengka, Kuningan, kemudian Ciamis. 

Tinggalkan Balasan